KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Ganjar Minta Peserta ASEAN Schools Games Utamakan Rajut Persatuan

Kompas.com - 19/07/2019, 06:38 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com 
- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan agar para peserta ASEAN Schools Games untuk terus merajut persatuan dan menebar cinta ke seluruh penjuru dunia.

"Datang jauh-jauh ke sini ke Indonesia, bukan hanya untuk bersaing atau kalah, tidak hanya untuk menemukan siapa yang memenangkannya, namun itu lebih dari itu, " ucap Ganjar saat upacara Pembukaan ASEAN Schools Games ke-11 di Holy Stadium Marina, Semarang, Kamis(18/7/2019).

Menurut Ganjar ASEAN School Games bukan hanya kompetisi jadi yang terbaik, tapi juga tentang kerja keras dan kerja tim. Bukan hanya itu, di event ini para peserta bisa menginspirasi dan menyatukan. 

"Dan yang paling penting memberikan harapan dan menebar cinta ke seluruh dunia," kata Ganjar dalam bahasa Inggris di depan 1.578 atlet dari 10 negara dan ribuan penonton, seperti dalam keterangan tertulisnya. 

Baca jugaJateng Resmi Jadi Tuan Rumah ASEAN School Games 2019

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga berpesan kepada para peserta untuk berupaya melangkah membuat dunia yang lebih baik dengan jalan persatuan tanpa mempermasalahkan perbedaan. 

"Bersama-sama kita semua satu pikiran, satu hati, satu jiwa, Satu waktu kecil, membuat perbedaan menuju dunia yang lebih baik, hari esok yang cerah. Piala membawa debu. Tapi kenangan bertahan selamanya. Selamat berkompetisi!," kata dia yang disambut tepuk tangan meriah para peserta Asian School Games dan penonton. 

Perlu diketahui Asian School Games adalah pesta olahraga antar pelajar-pelajar negara di Asia Tenggara. Dalam pagelaran itu, bakal dilombakan 9 cabang olahraga.

Sembilan diantaranya adalah bulu tangkis, basket, atletik, sepak takraw, renang, tenis lapangan, tenis meja, bola voli dan pencak silat yang digelar sampai 25 Juli.

Baca juga: Jateng Resmi Jadi Tuan Rumah ASEAN School Games 2019

Seluruh venue pertandingan berada akan digelar di Semarang yang terdiri dari GOR, kampus, hingga ballroom hotel. Pertandingan Basket, misalnya, akan digelar di GOR Sahabat.

Kemudian bola voli di GOR UIN Walisongo, sepak takraw di GOR UNIKA Soegijapranata, badminton di GOR USM, tenis meja di GOR Tri Lomba Juang, tenis di Stadion Tri Lomba Juang, Renang di Kolam Jatidiri, atletik di Stadion Tri Lomba Juang, dan pencak silat di Rama Shinta Ballroom Hotel Patra Semarang.

Selain Ganjar, dalam upacara pembukaan itu hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan President ASEAN Schools Sports Council (ASSC)

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com