Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Siapkan Rp 50 Miliar untuk Beasiswa S1 hingga S3, Ini Cara Daftarnya

Kompas.com - 18/07/2019, 14:52 WIB
Dendi Ramdhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyiapkan dana Rp 50 miliar untuk program beasiswa tingkat perguruan tinggi.

Hal itu sempat diumumkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lewat akun sosial media Instagram pribadinya @ridwankamil, Kamis (18/7/2019). Program beasiswa itu diberi nama Jabar Future Leader Scholarship.

"Hidup saya berubah karena pendidikan dan doa ibu. Dengan pendidikan yang baik, kiprah hidup menjadi banyak pilihan. Karena pendidikan bukan semata untuk mencari pekerjaan, tapi ia adalah ekosistem untuk mengubah peradaban," tulis Emil, sapaan akrabnya.

Baca juga: Beasiswa S1 Semua Jurusan PTN dan PTS dari Beasiswa Juara

Ia menyebut, program beasiswa itu akan dimulai pada Agustus 2019 untuk pendidikan S1, S2, dan S3. Informasi program itu bisa diakses lewat situs resmi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

"Silakan kontak @disdikjabar dan email ke beasiswa@jabarprov.go.id. SILAKAN warga Jawa Barat untuk memanfaatkannya, agar indeks sarjana kita naik dan bersiap menyambut Society 4.0 menuju #JabarJuara," ungkap Emil.

Baca juga: Pemutaran Lagu di Lampu Merah Depok, Ini Kata Ridwan Kamil

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Dewi Sartika menjelaskan, pendaftaran program itu akan dibuka mulai Agustus hingga akhir September 2019.

Beasiswa itu terbuka untuk seluruh mahasiswa yang memenuhi kriteria. Untuk melaksanakan program itu, Disdik Jabar telah bekerja sama dengan 10 perguruan tinggi seperti ITB, UPI, Unpad, Unisba, Telkom, dan Unpar.

"Yang jelas ada syaratnya misalnya IPK 3.0. Persyaratannya nanti disampaikan lewat website Disdik. Kita lagi susun bahannya. Beasiswa itu termasuk misalnya biaya kuliah, biaya hidup, termasuk beasiswa tugas akhir saja ada tapi itu khusus S1. Kemudian beasiswa S2 dan S3. Totalnya untuk 1.500 orang," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com