Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Baru Lahir Ditemukan Tak Bernyawa di Rumah Sakit

Kompas.com - 17/07/2019, 20:37 WIB
Himawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sosok bayi dalam keadaan tak bernyawa dan terbungkus plastik ditemukan di salah satu ruang perawatan Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Rabu (17/7/2019).

Bayi tersebut dilahirkan oleh B (35), salah seorang keluarga pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Bayi tersebut ditemukan usai sebelumnya sang ibu ditemukan perawat dalam keadaan terbaring dan mengeluarkan darah ketika menjaga pasien yang sedang dirawat. 

"Bayi tersebut ditemukan di ruang perawatan Rumah Sakit Wahidin Lontara 4. Saat tiba, kami langsung memeriksa saksi-saksi," ujar Kapolsek Tamalanrea, Kompol Syamsul Bachtiar, Rabu. 

Baca juga: Kisah Bayi Kembar Siam di Bali, Miliki 2 Jantung dan Dapat Sumbangan Rp 100 Juta

Sebelum diketahui melahirkan, awalnya sekitar pukul 08.00 Wita, saksi yang berada di sekitar lokasi penemuan bayi mencium bau busuk.

Ketika salah seorang saksi menanyakan bau busuk tersebut, sang perawat mengatakan bahwa bau itu berasal dari penjaga pasien. 

Ketika memasuki ruangan itu, B yang berada di atas tikar ditemukan sedang tampak pucat, lemah, dan perut tampak besar.

Awalnya, perawat membujuk B ke IGD untuk mendapatkan oksigen tetapi ditolak. 

"Dokter Erwina bersama kepala ruangan datang membujuk ibu B agar mau dilakukan tindakan perwatan diri dan tindakan medis di Pinang, tetapi pasien tetap menolak," imbuh dia. 

Dua jam setelah kejadian itu, salah seorang saksi yang berada di dekat ruangan B berada melihat wanita tersebut dibanjiri darah di sekitarnya. 

Baca juga: Bayi Kembar Siam di Bali, Dirawat di Rumah Sakit yang Berbeda dengan Ibunya

Perawat yang tiba langsung membawa B ke IGD sembari memberikan bantuan oksigen. Setelah memeriksa B, diketahui wanita asal Sulawesi Tengah tersebut telah melahirkan. 

Namun, perawat yang mencari bayinya sempat kebingungan setelah tiba di tempat awal B, tidak mendapati jejak bayi yang baru lahir. Begitu pun ketika dicari di WC, tetapi juga tidak ditemukan. 

"Kemudian masuk ruangan mengecek semua barang dan membuka kantong plastik hitam yang berisi baju dan bayi yang sudah membiru," ujar dia. 

Saat ini, B masih dirawat di kamar Pinang kebidanan Lontara 4 Rumah Sakit Wahidin dan sedang dibantu dengan oksigen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com