Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tembak Mati Begal Sadis di Palembang

Kompas.com - 17/07/2019, 19:17 WIB
Aji YK Putra,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Polda Sumatera Selatan menembak mati Samit alias Samik (35) yang merupakan spesialis begal. Samik terpaksa ditembak lantaran mencoba melakukan perlawanan ketika hendak ditangkap petugas.

Samik diketahui telah beraksi sebanyak tujuh kali di beberapa wilayah Palembang. Semua korban pembegalan mengalami luka senjata tajam.

Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Supriadi mengatakan, mereka telah mendapatkan tujuh laporan dari aksi sadis pelaku ini. Namun, saat dilakukan penangkapan, Samik justru melawan petugas dengan menembakkan senjata api.

"Tembakan itu dibalas dan mengenai tersangka. Tersangka tewas ketika perjalanan ke rumah sakit," kata Supriadi saat berada di ruang kamar jenazah rumah sakit Bhayangkara Palembang, Rabu (17/7/2019).

Baca juga: Begal Sadis Berusia 17 Tahun Ini Ditembak karena Coba Kabur

Supriadi mengatakan, polisi telah lebih dulu menangkap dua pelaku lain yang merupakan jaringan Samik. Keterangan dua pelaku tersebut membantu polisi mendeteksi keberadaan pelaku.

Menurut Supriadi, aksi terakhir yang dilakukan Samik yakni membobol salah satu rumah warga. Tiga motor milik korban pun dibawa kabur oleh pelaku.

"Mereka beraksi pada 7 Juli lalu di wilayah Palembang, 3 motor sekaligus dibawa oleh pelaku dari rumah korban," ungkap Supriadi.

Baca juga: Tersinggung, Pelajar Putri di Makassar Begal 2 Korbannya dan Kabur 58 Hari

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel Kombes Pol Yustan Alpian mengatakan, mereka akan terus mengupayakan tindakan pencegahan dengan membentuk tim Satgas.

"Tim ini nantinya akan terus melakukan operasi di wilayah rawan 3C (Curat, Curas,Curanmor), sehingga masyarakat akan terus merasa nyaman," ujar Yustan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com