Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Konfercab PDI-P Surabaya Berakhir, Adi Sutarwijono Dilantik Gantikan Wisnu Sakti Buana

Kompas.com - 17/07/2019, 00:08 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kisruh Konferensi Cabang (Konfercab) PDI-P Surabaya dinyatakan selesai, Selasa (16/7/2019) malam.

Seluruh pengurus anak cabang (PAC) tingkat kecamatan menerima keputusan DPP PDI-P memilih Adi Sutarwijono sebagai ketua DPC pengganti Wisnu Sakti Buana.

Di bagian akhir Konfercab lanjutan PDI-P Surabaya yang digelar di kantor DPD PDI-P Jawa Timur Selasa malam, bahkan sudah melantik 3 pengurus baru yakni Adi Sutarwijono sebagai ketua, Bhaktiono sebagai sekretaris dan Taru Sasmita sebagai bendahara.

Baca juga: Djarot Saiful Hidayat Dikirim untuk Pimpin Konfercab Lanjutan PDI-P Surabaya

"Pengurus baru sudah dilantik oleh Pak Komarudin Watubun sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Kehormatan PDI-P," kata Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP PDIP usai konfercab.

Dia bersyukur polemik konfercab PDIP Surabaya sudah selesai. "Inilah dinamika yang ada di Surabaya. Orang Surabaya itu tidak bisa ngomong di belakang, ngomongnya selalu di depan, biar masalah cepat selesai," terang mantan Wagub DKI ini.

Menurutnya, polemik Konfercab Surabaya hanya karena perbedaan pemahaman soal aturan partai tentang pemilihan pengurus baru.

"Tapi, setelah kami jelaskan tentang Peraturan Partai Nomor 28 Tahun 2019, semua sudah menerima," ujar Djarot.

Wisnu Sakti Buana sendiri, kata Djarot, sudah menerima keputusan partai, dan mengatakan tunduk dan patuh terhadap keputusan partai.

Baca juga: Ketua PDI-P Kota Surabaya: Saya Bukan Dipecat, Konfercab Masih Deadlock

Konfercab PDI-P Surabaya pada 7 Juli lalu diwarnai protes sebagian besar pengurus anak cabang (PAC).

DPP PDI-P menunjuk Adi Sutarwijono sebagai ketua DPC PDI-P Surabaya bersama Baktiono sebagai sekretaris dan Taru Sasmita sebagai bendahara.

PAC memprotes keputusan DPP karena tidak menunjuk Whisnu Sakti Buana untuk yang ketiga kalinya sebagai ketua DPC PDI-P Surabaya, sesuai hasil Rakercab PDI-P Surabaya akhir Juni 2019 lalu. Akibat protes tersebut, Konfercab pun sempat diskrorsing. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com