Ketua KPK Berharap Komisioner yang Ikut Capim Bisa Terpilih

Kompas.com - 16/07/2019, 17:15 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berbicara pada seminar nasional di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/3/2019). Seminar nasional yang mengangkat tema Prospek Penegakan Hukum di Indonesia Pasca Pemilu 2019 yang menghadirkan pimpinan lembaga penegak hukum tersebut dalam rangkaian Dies Natalis ke-67 Fakultas Hukum Unhas Makassar. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp. ABRIAWAN ABHEKetua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berbicara pada seminar nasional di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/3/2019). Seminar nasional yang mengangkat tema Prospek Penegakan Hukum di Indonesia Pasca Pemilu 2019 yang menghadirkan pimpinan lembaga penegak hukum tersebut dalam rangkaian Dies Natalis ke-67 Fakultas Hukum Unhas Makassar. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap ada komisioner KPK periode 2015-2019 yang lolos untuk kembali duduk di lembaga antirasuah. 

"Pimpinan yang sekarang ada tiga yang mendaftar," ujar Agus, di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Pansel Diminta Beberkan Pekerjaan 192 Capim KPK

Tiga orang komisioner KPK yang mendaftar sebagai calon pimpinan Komisi Pemberatasan Korupsi periode 2019-2023 yakni Alexander Marwata, Basaria Panjaitan dan Laode M Syarif.

Ketiganya juga telah lolos tahapan administrasi seperti yang diumumkan oleh Pansel calon pimpinan Komisi Pemberatasan Korupsi ( Capim KPK).

"Satu orang atau dua orang masuk ya lebih baik," ujar dia.

Baca juga: 11 Jenderal Polisi Aktif Lolos Administrasi Capim KPK, Ini Profil Singkatnya

Masuknya pimpinan KPK saat ini, lanjut dia, agar program-program lembaga antirasuah itu bisa berkesinambungan. Sehingga, pimpinan KPK yang baru tidak belajar dari awal lagi.

"Kami dari luar hanya saran saja. Sepenuhnya menjadi hak prerogatif pansel dengan persetujuan Presiden dan DPR," ujar Agus.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X