Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering "Nongkrong" dan Camping, Cara Menteri Rini Jaga Kekompakan Direksi BUMN

Kompas.com - 16/07/2019, 17:06 WIB
Achmad Faizal,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memiliki tugas menjaga kekompakan direksi BUMN. Kekompakan tersebut dibangun dalam rangka sinergi BUMN demi memberi nilai tambah untuk perekonomian nasional.

Rini mengaku memiliki beragam cara untuk mempertahankan kekompakan tersebut. Berbagai hal dilakukan dalam forum informal berupa nongkrong untuk bertukar ide, inovasi, hingga menggelar acara camping.

"Selain nongkrong, juga ada camping bareng direksi BUMN, juga nyanyi bareng biar mereka kompak," kata Rini saat membuka Rakerda Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur di Surabaya, Selasa (16/7/2019) siang.

Baca juga: Penyandang Disabilitas Lapor ke Komnas HAM soal Dugaan Pelanggaran Hak dalam Seleksi BUMN

Menurut Rini, sinergi BUMN berhasil dengan mulai banyaknya pembangunan infrastruktur hingga beragam program sosial yang digelar BUMN.

Kekompakan dan sinergi BUMN juga berbuah positif dalam hal kinerja. Misalnya, aset BUMN melonjak menjadi Rp 8.092 triliun pada 2018.

Kemudian, kenaikan belanja modal BUMN pada 2018 sebesar 54,60 persen menjadi Rp 487 triliun, yang turut menggerakkan perekonomian masyarakat melalui proyek-proyek yang dikerjakan.

"Indonesia melalui BUMN juga berhasil mengambil alih 51 persen saham usaha tambang emas Freeport tanpa dana APBN," kata Rini.

Baca juga: RK Sebut Menteri BUMN Sepakat Perbaiki Jalan di Bandung Barat yang Dikeluhkan Bupati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com