Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK: Banyak Laporan Dugaan Korupsi dari Probolinggo

Kompas.com - 16/07/2019, 12:26 WIB
Ahmad Faisol,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Direktur Pengaduan Masyarakat KPK Cahya Hardianto menyebutkan, banyak laporan korupsi dari Probolinggo yang masuk ke KPK.

"Memang banyak laporan yang masuk. Termasuk dari sekitar daerah ini lah," katanya dalam konferensi pers di kantor wali kota Probolinggo, Senin (15/7/2019).

KPK sendiri akan menjelaskan mengenai laporan yang masuk tersebut pada pembukaan Roadshow KPK di Probolinggo, Selasa (16/7/2019). 

Namun, menurutnya, bukan berarti ada banyak kasus korupsi di Probolinggo. Sebab hal itu hanya sebatas laporan. Nanti yang akan dijelaskan mengenai pengaduan dan statistik yang masuk ke KPK.

Baca juga: Warga di Probolinggo Tolak Pembangunan Gedung Kremasi

Cahya juga belum menjelaskan rinci apakah laporan itu berasal dari Kabupaten atau Kota Probolinggo. Tidak dijelaskan pula berapa laporan dan terkait apa yang masuk ke KPK.

Ajak masyarakat melapor

"Dalam roadshow KPK kali ini, masyarakat bisa melapor ke KPK melalui petugas yang stand by. Tentang apa saja yang harus dibawa dalam laporan, nanti akan dijelaskan oleh petugas," jelasnya. 

Cahya menambahkan, banyak laporan dari masyarakat yang hanya berupa narasi, tanpa bukti. KPK tentu tidak semena-mena, dan akan melakukan cek atas seluruh laporan masyarakat.

Menurutnya, kadang masyarakat melapor hanya berbekal narasi. Ada juga yang hanya memberi data tapi hanya berita koran dan audit. Itu semua belum tentu masuk kategori korupsi.

Baca juga: Butuh Rp 3 M untuk Bangun Kembali Kelenteng Probolinggo yang Terbakar

"Nah roadshow kali ini merupakan kegiatan pencegahan dan pendidikan anti-korupsi, agar masyarakat lebih dekat dengan KPK. Agar masyarakat banyak yang paham korupsi sehingga menjauhi korupsi," katanya.

"Sekarang dibangun sistem yang sulit untuk korupsi. Agar orang susah korupsi. Kami harap pelaku bisnis dan pelajar aktif terlibat dslam upaya pencegahan korupsi. Kita berikan contoh kecil agar tidak korupsi, contoh terkecil menyontek," jelasnya.

Kota Probolinggo merupakan kota ketujuh yang menjadi tujuan Roadshow KPK. Selama di Kota Probolinggo, KPK menggelar sejumlah kegiatan pencegahan korupsi mulai Senin (15/7/2019) hingga Rabu (17/7/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com