Kesaksian Warga Saat Gempa Guncang Bali, "Bumi Seperti Naik Turun..."

Kompas.com - 16/07/2019, 09:01 WIB
Gempa bermagnitudo 6 mengguncang Bali pada Selasa (16/7/2019) sekitar pukul 07.18 Wita. Gempa ini berpusat di 83 kilometer arah barat daya Nusa Dua Bali dengan pusat gempa di kedalaman 68 kilometer. dok Twitter BMKGGempa bermagnitudo 6 mengguncang Bali pada Selasa (16/7/2019) sekitar pukul 07.18 Wita. Gempa ini berpusat di 83 kilometer arah barat daya Nusa Dua Bali dengan pusat gempa di kedalaman 68 kilometer.

DENPASAR, KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 6 yang mengguncang Bali pada Selasa (16/7/2019) pagi membuat warga sekitar Nusa Dua dan Jimbaran syok.

Seperti pengakuan Nila Sofianty, warga perumahan Kori Nuansa Taman Griya, Jimbaran.

Menurut penuturan Nila, saat guncangan awal, warga masih berada dalam rumah karena sebelumnya, saat gempa Lombok, terasa sampai Bali dengan guncangan yang lebih kecil.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6 di Bali Terasa hingga Lombok, Warga Berhamburan

Akan tetapi, beberapa detik kemudian, guncangan terasa makin besar.

"Saya pikir gempa di Lombok yang berimbas ke Bali jadi sudah lumayan biasa. Tapi beberapa detik kemudian makin kencang seperti bumi naik turun, makin lama makin keras dan beberapa kali," kata Nila.

Menurutnya ada beberapa rumah tetangga kompleks perumahan tersebut yang mengalami kerusakan. Ada yang dindingnya retak dan genteng rubuh dan mengenai kaca mobil yang sedang diparkir.

Selain itu sejumlah warga perumahan juga sibuk menghubungi guru di sekolah tempat anaknya belajar.

"Masih syok karena banyak warga yang anak-anak bersekolah di beberapa SD dan TK dalam komplek. Jadi warga segera menghubungi pihak sekolah untuk mengetahui keadaan anak- anaknya," kata Nila.

Baca juga: Gempa di Bali, Guncangannya Terasa Keras dan Agak Lama

Sebelumnya, gempa magnitudo 6 mengguncang Bali pada Selasa (16/7/2019). Gempa ini terjadi sekitar pukul 07:18 Wita. Walau demikian gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Pantauan di lapangan gempa dirasakan terjadi dua kali. Dengan jarak durasi guncangan hanya beberapa detik.

Gempa pertama dengan guncangan sedang sebelum terjadi guncangan lebih besar. Kendaraan yang sedang terparkir di garasi rumah-rumah warga ikut bergoyang. Gempa ini terasa cukup keras di wilayah Denpasar dan sekitarnya.

Pusat gempa sendiri berada pada lintang 9.11 LS, Bujur 114.54 BT dengan kedalaman 68 kilometer.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X