Penggalian di Lokasi Situs Peninggalan Majapahit, Ditemukan Struktur Lain

Kompas.com - 15/07/2019, 19:44 WIB
Struktur bangunan dari bata kuno ditemukan di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (15/7/2019). Lokasi penemuan hanya berjarak beberapa meter dari lokasi penemuan situs berupa saluran air, 2 minggu lalu. MOH. SYAFIÍStruktur bangunan dari bata kuno ditemukan di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (15/7/2019). Lokasi penemuan hanya berjarak beberapa meter dari lokasi penemuan situs berupa saluran air, 2 minggu lalu.

JOMBANG, KOMPAS.com - Ada temuan baru berupa saluran air di lokasi penemuan situs peninggalan Majapahit di Jombang, Jawa Timur.

Temuan itu berupa bata kuno yang terstruktur membentuk lingkaran. Bangunan di dasar sendang Sumberbeji tersebut tersambung dengan saluran air peninggalan era Majapahit yang ditemukan sebelumnya.

Selain itu, tampak samar di bawah dasar sendang Sumberbeji, adanya dua struktur mirip saluran air. Keduanya tersambung dengan bata kuno yang terstruktur membentuk lingkaran.

Baca juga: Bangunan Bata Kuno di Jombang Merupakan Saluran Air Peninggalan Majapahit

Adanya struktur bangunan dari bata kuno tersebut diketahui saat dilakukan penggalian lanjutan di lokasi penemuan situs berupa saluran air di Sumberbeji, Jombang, Senin (15/7/2019).

Struktur bangunan dari bata kuno ditemukan di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (15/7/2019). Lokasi penemuan hanya berjarak beberapa meter dari lokasi penemuan situs berupa saluran air, 2 minggu lalu.MOH. SYAFIÍ Struktur bangunan dari bata kuno ditemukan di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (15/7/2019). Lokasi penemuan hanya berjarak beberapa meter dari lokasi penemuan situs berupa saluran air, 2 minggu lalu.

Dua minggu lalu, di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ditemukan situs purbakala berupa saluran air. Lokasinya, berada di dasar sendang Sumberbeji.

Baca juga: Bhayangkara Dipilih dari Nama Pasukan Elite Majapahit Pimpinan Mahapatih Gajah Mada

Berdasarkan analisa Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, situs berupa saluran air itu diidentifikasi sebagai peninggalan Majapahit.

"Kalau bentuknya apa yang ditemukan hari ini, kami belum tahu pasti. Besok dari Dinas Purbakala (BPCB) akan ke sini," kata Kepala Desa Kesamben, Ngoro, Jombang, WS Yuda, di lokasi penggalian situs, Senin.

Penggalian lanjutan di lokasi penemuan situs Sumberbeji merupakan inisiatif pemerintah desa atas izin BPCB Jawa Timur.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X