Nasib SMP di Pinggir Parepare, Tahun Lalu Terima 9 Siswa, Tahun Ini 6 Siswa...

Kompas.com - 15/07/2019, 15:58 WIB
Suasana SMPN 13 Kota Parepare, hari pertama sekolah hanya diisi enam siswa tahun ajaran baru, Senin 915/7/2019). KOMPAS.com/SUDDIN SYAMSUDDINSuasana SMPN 13 Kota Parepare, hari pertama sekolah hanya diisi enam siswa tahun ajaran baru, Senin 915/7/2019).

PAREPARE, KOMPAS.com – Hari pertama sekolah, sebuah SMP di Parepare hanya berisi enam siswa saja. Kejadian ini terjadi di SMP Negeri 13 di Kelurahan Wattang, Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Plt Kepala Sekolah SMP Negeri 13 Parepare Bahtiar mengatakan, pihaknya memang kekurangan jumlah murid lantaran lokasi sekolah jauh dari pusat kota. 

"Rata rata pelajar di SD pendukung sekitar SMPN 13 ingin belajar di SMP yang dekat dari kota," kata Bahtiar, Senin (15/07/2019).

Untuk menambah siswanya, pihak sekolah belum menutup pendaftaran.


Pihak sekolah juga berupaya menarik minat orangtua siswa dengan memberikan aneka fasilitas gratis, termasuk seragam sekolah gratis. 

Baca juga: Disdik Jateng Kaji Usulan Merger SMA yang Kekurangan Siswa akibat Sistem Zonasi

 

"Sampai hari ini, pihak sekolah masih membuka pendaftaran. Sementara itu untuk menarik minat para pelajar, kami menggratiskan seragam, buku, sejumlah pembayaran dan memberikan uang transport kepada siswa baru nantinya,” kata Bahtiar.

Kurang sosialisasi

Dinas Pendidikan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, juga memberikan kelonggaran agar banyak siswa yang tertarik bersekolah di SMPN 13, terutama siswa yang tinggal di dekat lokasi sekolah tersebut. 

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Parepare, Sulawesi Selatan Arifuddin, SMP Negeri 13 Parepare saban tahun kekurangan murid

Hal ini terjadi lantaran SD di sekitar SMP Negeri 13 juga kekurangan murid. 

Baca juga: 7 Fakta Polemik Sistem Zonasi PPDB 2019, Desak Jokowi Copot Mendikbud hingga Sejumlah Sekolah Kekurangan Siswa

"Di tahun ini SMPN 13 mencatat minat pelajar sangat kurang yakni 6 siswa. Untuk tahun lalu SMPN 13 menerima 9 siswa," kata  Arifuddin.  

Halaman:


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X