Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Sekolah, Orangtua Diminta Cium Anak 7 Kali Sehari

Kompas.com - 15/07/2019, 15:54 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Pada hari pertama masuk sekolah, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, M Soleh, mengunjungi SMKN 04 Kelautan dan Perikanan, SMKN 05 Pariwisata, SMKN 01, SMAN 02 Pangkalpinang dan dilanjutkan SMKN 01 Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam kunjungannya, Erzaldi meninjau situasi dan kondisi hari pertama masuk sekolah guna memotivasi siswa dan orangtua untuk lebih giat belajar serta berkarakter.

"Kami berharap orangtua untuk lebih memperhatikan belajar dan pergaulan anak-anaknya," kata Erzaldi saat mengunjungi SMKN Pelayaran Pangkalpinang, Senin (15/7/2019). 

Baca juga: Hari Pertama Sekolah, 186 Siswa SD Korban Kebakaran di Tebet Hadir

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada orangtua tidak menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab pendidikan anak kepada sekolah, tetapi ikut mengawasi dan memotivasi anak untuk belajar di rumah.

 

"Saya meminta orangtua untuk mencium anak tujuh kali sehari, sebagai ungkapan kasih dan juga menjalin hubungan emosional serta komunikasi yang baik antara anak dengan orangtua," tambahnya.

Pada saat mengunjungi SMKN 04 Kelautan dan Perikanan Kota Pangkalpinang, Gubernur Babel sempat kesal karena siswa dan murid baru yang sedang berdiri dalam posisi siap, namun ada siswa yang ternyata memilih untuk duduk dan berteduh di belakang rombongan barisan.

"SMKN 4 PangkalPinang adalah sekolah pelayaran, siswanya harus disiplin, karena tanggung jawab kalian besar, mengkomandoi kapal nantinya bagaimana kalau tidak disiplin," katanya dihadapan para orangtua dan murid baru.

Baca juga: Hari Pertama Sekolah, 3 Pelajar Terjungkal ke Got Saat Mendahului Angkot

Oleh karena itu, siswa SMKN 4 PangkalPinang diminta harus bersikap disiplin, tertib dan tegas karena sikap tersebut sangat dibutuhkan.

"Karakter anak harus mulai didik saat di keluarga hari ini kita melihat anak-anak bapak ibu di depan, saya mau semua dimulai dari keluarga jangan sampai karakter anaknya kurang ajar dan jangan manja," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com