Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Merapi Kembali Semburkan Awan Panas Guguran Sejauh 1 Kilometer

Kompas.com - 14/07/2019, 19:38 WIB
Wijaya Kusuma,
Krisiandi

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Gunung Merapi Minggu (14/07/2019) kembali menyemburkan awan panas guguran. Awan panas guguran terpantau terjadi pada sore dengan jarak luncur 1.000 meter ke arah hulu Kali Gendol.

Petugas pos pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman membenarkan telah terjadi awan panas guguran.

"Iya betul, terjadi awan panas guguran pukul 18.01 Wib dan 18.21 Wib," ujar Petugas pos pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/07/2019).

Baca juga: Sabtu Sore, Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas

Berdasarkan data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, amplitudo awan panas guguran yang terjadi pada pukul 18.01 Wib tercatat 47 mm dengan Durasi 100 detik.

Jarak luncur awan panas guguran tercatat 1.000 meter mengarah ke hulu Kali Gendol.

Pada pukul 18.21 Wib, Gunung Merapi terpantau kembali mengeluarkan awan panas guguran. Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, amplitudo awan panas guguran 45 mm dengan durasi 105 detik.

"Jarak luncurnya sama, 1.000 m ke arah hulu Kali Gendol," tegasnya.

Baca juga: Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 1,1 Km

Sebelumnya, Gunung Merapi Minggu (14/07/2019) pukul 10.27 Wib mengeluarkan awan panas guguran. Jarak luncur awan panas guguran ini tercatat 1.100 m ke arah hulu Kali Gendol.

Sampai dengan saat ini BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada Waspada (level II).

Rekomendasi BPPTKG Yogyakarta, area dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak Gunung Merapi.

Kompas TV Gunung Merapi yang berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali erupsi. Berdasarkan pantauan, Gunung Merapi mengeluarkan awan panas dengan jarak luncur 1,1 kilometer mengarah ke hulu Sungai Gendol di Sleman, Yogyakarta. #Merapi #GunungMerapi #ErupsiMerapi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com