Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Warganet yang Respons Pertemuan Jokowi-Prabowo Mayoritas Milenial

Kompas.com - 14/07/2019, 15:58 WIB
Reni Susanti,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pertemuan antara presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan rivalnya dalam Pilres 2019, Prabowo Subianto, di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Sabtu (13/7/2019) mengejutkan warganet.

Indonesia Indicator (I2) melalui kajian analisis media sosial mencatat, sejak pukul 11.30 hingga 17.35 WIB, terdapat 56.000 percakapan yang ditujukan pada Jokowi. Sementara, percakapan yang menyebut nama Prabowo mencapai 101.027.

"Sebanyak 79 persen netizen yang merespons pertemuan bersejarah kedua tokoh itu adalah kaum milenial. Sebanyak 67 persen netizen yang menaruh perhatian adalah laki-laki," ujar Direktur Komunikasi (I2) Rustika Herlambang saat dihubungi, Minggu (14/7/2019).

Menurut Rustika, pada percakapan di Twitter yang menyebut nama Prabowo, netizen terlihat ada kesan kecewa, kaget, dan sedih saat pertemuan tersebut terjadi. Secara garis besar, emosi yang ditujukan kepada Prabowo lebih bervariasi.

"Hal itu diakibatkan karena percakapan soal rekonsiliasi masih menjadi isu di kalangan pendukung Prabowo di linimasa," ungkapnya.

Baca juga: Warga Pakai Topeng Wajah Jokowi dan Prabowo Naik Becak di CFD Solo

Saat pertemuan itu terjadi, perbedaan pendapat antar-warganet yang sepakat rekonsiliasi dan tidak setuju terlihat begitu kontras.

Rustika mengungkapkan, percakapan tentang Jokowi dan Prabowo pascapilpres hampir setiap hari bergaung di linimasa Twitter.

Setiap hari, kata dia, selalu saja ada trending topik yang senantiasa dimunculkan oleh para netizen tentang harapan mereka terhadap capres dan cawapresnya.

"Salah satu isu besar yang dimunculkan dan menjadi perdebatan adalah isu rekonsiliasi. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju," ucap Rustika.

Menurut dia, sepanjang Sabtu (13/7/2019), Prabowo menjadi sentral percakapan netizen.

Sementara itu, pada percakapan yang dominan menyebut nama Jokowi, pada awalnya terlihat bahwa emosi trust, dukungan, kesepakatan pada keputusan Jokowi merupakan emosi terbesar.

Baca juga: 4 Komentar Amien Rais soal Pertemuan Jokowi dan Prabowo di MRT

Selain itu, emosi joy yang mengutarakan kesenangan dan emosi anticipation yang berisi harapan terhadap pertemuan itu juga diungkapkan oleh netizen melalui cuitannya.

"Pernyataan Jokowi soal "cebong" dan "kampret" paling banyak dikutip oleh netizen, dan lagi, direspons dengan berbagai emosi," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com