Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Komodo yang Gagal Diselundupkan, Tiba Kembali di Flores, NTT

Kompas.com - 14/07/2019, 09:29 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

RIUNG, KOMPAS.com - Sebanyak enam satwa komodo yang gagal diselundupkan dan diamankan penyidik Polda Jawa Timur, telah dipulangkan kembali ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Satwa itu diterbangkan dengan pesawat dari Jawa Timur dan tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, NTT, Sabtu (13/7/2019) sore kemarin.

"Saat ini enam komodo sedang dibawa dalam perjalanan dari Labuan Bajo menuju Riung, Kabupaten Ngada,"kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT Timbul Batubara, kepada Kompas.com di Riung, Minggu (14/7/2019).

Jarak Labuan Bajo- Riung sekitar 200 kilometer.

Baca juga: Pulau Ontoloe, Tempat Para Komodo akan Kembali Pulang

Menurut Timbul, setelah tiba di Riung, komodo tersebut akan dijemput pemerintah daerah dan warga setempat dan akan ditempatkan sementara di Kantor Resor KSDA wilayah Riung.

Selanjutnya komodo itu akan dilepasliarkan di Pulau Ontoeloe, yang masuk ke dalam kawasan 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada.

"Untuk kegiatan pelepasan komodo ke Pulau Oentoloe akan digelar pada Senin besok pagi,"kata Timbul.

Rencana pelepasan komodo ke habitat aslinya, akan dihadiri pihak dari Direktorat Tipiter Mabes Polri, Direktorat Konservasi Keanegaraman Hayati, BBKSDA Jawa Timur, Polda Jawa Timur, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Pengadilan Negeri Surabaya, Pemerintah Provinsi NTT dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur sebelumnya mengungkap jaringan perdagangan satwa liar yang menyelundupkan 41 ekor komodo ke luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com