Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Tukang Bakso Keliling Naik Haji Setelah 41 Tahun Menabung

Kompas.com - 14/07/2019, 07:30 WIB
Firman Taufiqurrahman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah tentu menjadi keinginan setiap Muslim, tak terkecuali dengan Sugiono Mitoharjo (60).

Namun, untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima itu rupanya bukan perkara yang mudah bagi Sugiono. Terlebih ia hanya seorang tukang bakso keliling dengan pendapatan yang tidak menentu.

Ditemui di rumahnya di Dusun IV RT 003/014, Kampung Sukasari, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (12/7/2019) pagi, Sugiono bercerita tentang perjuangannya untuk bisa menunaikan ibadah haji.

Butuh waktu 41 tahun atau nyaris setengah abad bagi Sugiono untuk bisa mewujudkan impiannya itu.

“Insyaa Allah tanggal 28 Juli nanti saya berangkat haji bareng istri. Saya berangkat dengan kloter 71,” kata Sugiono kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Menabung 26 Tahun dari Mengais Botol Bekas, Pemulung Ini Akhirnya Naik Haji

Sugiono tampak tak sanggup menutupi perasaan bahagianya. Pasalnya, 41 tahun tentu bukan waktu yang sebentar bagi kakek enam cucu itu.

“Saya mulai menabung tahun 1978. Itu (tabungan) memang saya niatkan untuk naik haji, entah kapan berangkatnya, pokoknya terus saja nabung sejak itu,” tutur Sugiono.

Setiap hari, ia rajin menyisihkan sedikit demi sedikit uang dari pendapatannya berjualan bakso.

Uang yang ditabung tergantung dari penghasilannya saat itu. Jika saat itu baksonya laris, Sugiono bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung lebih banyak. 

Tabungan haji

Khawatir uang yang disimpannya terpakai untuk kebutuhan lain, pada 2013 Sugiono membuka rekening tabungan khusus haji di bank yang tak jauh dari rumahnya.

“Saat itu baru punya Rp 12 juta, tapi saya tetap yakin bisa naik haji dan alhamdulilah tahun ini dapat panggilan untuk berangkat,” ucapnya.

Baca juga: 46 Tahun Menabung dari Jualan Gorengan, Kakek 72 Tahun Akhirnya Berangkat Haji

Dengan pendapatan yang tak seberapa sebagai pedagang bakso keliling, ia tak menyangka usahanya selama 41 tahun akhirnya membuahkan hasil. Sugiono berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

Sugiono dan istrinya kini tengah mempersiapkan segala kebutuhan jelang keberangkatan.

Ia berharap bisa tetap dalam kondisi sehat agar bisa berangkat pada waktunya nanti.

“Setelah pulang nanti, yah saya jualan bakso lagi,” ujar Sugiono 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com