Pasokan Avtur untuk Penerbangan Haji di BIM Berkurang

Kompas.com - 13/07/2019, 11:39 WIB
Ilustrasi: Tangki avtur Pertamina mengisi bahan bakar pesawat di Bandara Sentani, Jayapura, beberapa waktu lalu. Kompas.com/ Bambang PJIlustrasi: Tangki avtur Pertamina mengisi bahan bakar pesawat di Bandara Sentani, Jayapura, beberapa waktu lalu.

PADANG, KOMPAS.com - Pasokan avtur untuk penerbangan haji di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatera Barat pada 2019 ini berkurang dibandingkan tahun lalu.

Pengurangan itu disebabkan karena jumlah penerbangan juga berkurang. Tahun lalu ada 124 kloter dan sekarang hanya 87 kloter.

"Pasokan avtur yang disiapkan menurun 27 persen dibandingkan tahun lalu. Penurunan disebabkan tahun ini jumlah kloter haji berkurang, hanya 87 kloter. Sementara tahun lalu, terdapat 124 kloter," kata Unit Manager Communication dan CSR Pertamina MOR I Roby Hervindo kepada Kompas.com, Sabtu (13/7/2019).

Roby mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 6,8 juta liter avtur untuk mengakomodir maskapai yang melakukan penerbangan ke Tanah Suci. 

Pelayanan avtur haji melalui Bandara Internasional Minangkabau disiapkan dalam dua fase. Fase pertama, yaitu keberangkatan pada 6 Juli sampai dengan 4 Agustus 2019. Pada fase ini disiapkan sebanyak 5,8 juta liter.

Baca juga: Pertamina Siapkan 21.861 Kiloliter Avtur untuk Penerbangan Haji

Pada fase dua, yaitu kepulangan, diperkirakan terjadi pada 17 Agustus sampai dengan 2 September 2019. Di fase ini, disiapkan lebih dari 1 juta liter avtur. 

"Stok avtur yang tersedia di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan musim Haji 2019. Stok Avtur di DPPU Minangkabau mampu memenuhi kebutuhan hingga 16 hari ke depan," ujar Roby. 

DPPU Minangkabau dilengkapi delapan unit refueller dengan kapasitas masing-masing 206 ribu liter.

Penyaluran avtur pada bulan Juli hingga September diprediksi meningkat berturut-turut 73 persen, 58 persen dan 5 persen dibandingkan kondisi normal.

Kenaikan dipersiapkan untuk mengantisipasi  bertambahnya penerbangan dari Bandara Internasional Minangkabau tujuan Tanah Suci. Baik penerbangan langsung maupun transit di kota lain.

Baca juga: YLKI: Pemerintah Harus Hapus PPN Tiket dan Avtur Jika Ingin Tiket Pesawat Murah



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X