Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Avtur untuk Penerbangan Haji di BIM Berkurang

Kompas.com - 13/07/2019, 11:39 WIB
Perdana Putra,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pasokan avtur untuk penerbangan haji di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatera Barat pada 2019 ini berkurang dibandingkan tahun lalu.

Pengurangan itu disebabkan karena jumlah penerbangan juga berkurang. Tahun lalu ada 124 kloter dan sekarang hanya 87 kloter.

"Pasokan avtur yang disiapkan menurun 27 persen dibandingkan tahun lalu. Penurunan disebabkan tahun ini jumlah kloter haji berkurang, hanya 87 kloter. Sementara tahun lalu, terdapat 124 kloter," kata Unit Manager Communication dan CSR Pertamina MOR I Roby Hervindo kepada Kompas.com, Sabtu (13/7/2019).

Roby mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 6,8 juta liter avtur untuk mengakomodir maskapai yang melakukan penerbangan ke Tanah Suci. 

Pelayanan avtur haji melalui Bandara Internasional Minangkabau disiapkan dalam dua fase. Fase pertama, yaitu keberangkatan pada 6 Juli sampai dengan 4 Agustus 2019. Pada fase ini disiapkan sebanyak 5,8 juta liter.

Baca juga: Pertamina Siapkan 21.861 Kiloliter Avtur untuk Penerbangan Haji

Pada fase dua, yaitu kepulangan, diperkirakan terjadi pada 17 Agustus sampai dengan 2 September 2019. Di fase ini, disiapkan lebih dari 1 juta liter avtur. 

"Stok avtur yang tersedia di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan musim Haji 2019. Stok Avtur di DPPU Minangkabau mampu memenuhi kebutuhan hingga 16 hari ke depan," ujar Roby. 

DPPU Minangkabau dilengkapi delapan unit refueller dengan kapasitas masing-masing 206 ribu liter.

Penyaluran avtur pada bulan Juli hingga September diprediksi meningkat berturut-turut 73 persen, 58 persen dan 5 persen dibandingkan kondisi normal.

Kenaikan dipersiapkan untuk mengantisipasi  bertambahnya penerbangan dari Bandara Internasional Minangkabau tujuan Tanah Suci. Baik penerbangan langsung maupun transit di kota lain.

Baca juga: YLKI: Pemerintah Harus Hapus PPN Tiket dan Avtur Jika Ingin Tiket Pesawat Murah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com