Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Rumah Masa Kecil Bung Karno di Jombang yang Tinggal Pondasi

Kompas.com - 13/07/2019, 11:37 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

 

JOMBANG, KOMPAS.com - Presiden RI pertama Soekarno (Bung Karno), semasa kecil pernah tinggal di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tepatnya di wilayah Kecamatan Ploso.

Keyakinan bahwa Bung Karno pada masa kecilnya pernah tinggal di Ploso Jombang, salah satunya merujuk pada buku berjudul 'Ida Ayu Nyoman Rai IBU BANGSA', yang ditulis oleh 7 guru besar dan seorang doktor.

Buku tersebut diterbitkan oleh Kemang Aksara Studio bekerja sama dengan Akademi Kebangsaan Jakarta, tahun 2012.

Adapun isinya, banyak mengulas tentang sosok ibu Bung Karno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

Pada salah satu bagian buku, tepatnya pada Bab IV, dituliskan cerita saat Ida Ayu Nyoman Rai Srimben menjadi warga masyarakat desa.

Ibu Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia ini tinggal di Ploso, mengikuti suaminya, Raden Soekeni Sosrodihardjo.

Baca juga: Razia di Lokasi Pengasingan Bung Karno, Alat Tambang Disita Aparat

Soekeni Sosrodihardjo, ayah Soekarno, mendapatkan tugas menjadi Mantri Guru atau Kepala Sekolah di wilayah Ploso. Ayah Bung Karno bertugas sebagai Mantri di Ploso dari tahun 1901 hingga tahun 1907. 

Surat tugas sebagai Mantri Guru yang diterima Soekeni, ditandatangi oleh Direktur Pendidikan, Peribadatan dan Kerajinan Pemerintah Hinda Belanda pada tanggal 28 Desember 1901.

Adapun penulis buku 'Ida Ayu Nyoman Rai IBU BANGSA', yakni, Dr Nurinwa Ki S Hendrowinoto, Prof Dr AA Putra Agung, Prof Aminudin Kasdi, Prof Dr Tadjoer Rizal Baiduri, Prof Dr Fabiola D Kurnia, Prof Dr Roesminingsih, Prof Dr A Fatchan dan Prof Dr Jacob Sumardjo.

Kushartono, pengelola alias juru kunci rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, saat berada di Jombang mengungkapkan, pada masa kecilnya, Bung Karno memang pernah tinggal di Jombang.

Menurut Kushartono, berdasarkan penelusuran pihak keluarga besar Bung Karno yang didukung sejumlah literatur dan bukti otentik, rumah masa kecil Bung Karno, berada di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang.  

Baca juga: Bali, Provinsi Pertama yang Keluarkan Pergub tentang Bulan Bung Karno

Rumah yang dimaksud sebagai rumah Bung Karno saat kecil, tepatnya berada di kawasan Gang Buntu, di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso. Namun, saat dikunjungi Kompas.com pada Kamis (11/7/2019), rumah itu tinggal pondasi.

"Dari penelusuran keluarga besar Soekarno, di rumah ini dulunya Bung Karno pernah tinggal," kata Kushartono, saat berada di lokasi bekas rumah tinggal Bung Karno semasa kecil.

Ketua Harian Persada Soekarno Kediri itu menjelaskan, keluarga besar Soekarno melakukan penelusuran rumah masa kecil Presiden RI pertama itu selama bertahun-tahun. 

"Jadi, selain dari penuturan warga khususnya yang sudah sepuh (tua), kami juga merujuk dari literatur yang ditulis para sejarawan," tutur Kushartono, sembari menunjukkan sejumlah buku yang menulis keberadaan rumah Bung Karno di Jombang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com