Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sebut Tol Cigatas Mampu Majukan Priangan Timur

Kompas.com - 12/07/2019, 14:35 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) akan mampu memajukan pembangunan daerah-daerah di Priangan Timur.

Saat ini, proses pembangunan tol tersebut sudah memasuki tahap lelang dan penentuan lokasi oleh pemerintah pusat.

"Jalan Tol Cigatas saat ini mulai lelang dan penentuan lokasi, mudah-mudahan kalau selesai akan menambah potensi kemajuan di Priangan Timur," jelas Emil di Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Jumat (12/7/2019).

Kemajuan Tasikmalaya sendiri di bidang pendidikan telah terlihat dengan adanya perguruan tinggi negeri (PTN) Universitas Siliwangi (Unsil).

Baca juga: Kumpulkan Kepala Daerah, Ini Kata Ridwan Kamil soal Janji Kampanye

 

Saat ini saja peminat ke Unsil telah menyentuh angka 17.000 pendaftar. Padahal yang diterima nantinya hanya 1.500 pendaftar dengan berbagai tahapan seleksi.

Apalagi kalau nantinya akses Tol Cigatas telah terbangun tentunya kemajuan daerah di berbagai aspek akan lebih meningkat.

"Kami pun akan mendukung pembangunan kampus Unsil 2 yang akan didiskusikan dengan Pak Rektor mengenai prioritas per tahunnya apa saja," tambahnya.

Emil pun berharap lulusan Unsil supaya memiliki keahlian 4.0 dan spiritualitas untuk mendukung program Jabar juara lahir batin.

"Nantinya akan terlihat dari lulusan Unsil yang seimbang antara keilmuan, kesalehan, dan pembangunan kewilayahannya," ujarnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Akan Bangun Tugu Koperasi Tasikmalaya Sebagai Kawasan Bisnis Besar

Setelah terbangun akses Tol, yang dinilai perlu dipersiapkan di Priangan Timur adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Soalnya, Tol Cigatas dari aspek kemajuan pembangunan lainnya akan sangat berpotensi di bidang pariwisata.

"Sangat diperlukan SDM, karena potensi alam indah. Pertanian bagus, ekspor juga sudah ada dari Tasikmalaya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com