Kumpulkan Kepala Daerah, Ini Kata Ridwan Kamil soal Janji Kampanye

Kompas.com - 12/07/2019, 14:22 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berbicara di hadapan 27 kepala daerah se-Jabar dalam kegiatan Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) triwulan III di Prima Sankanhurip Resort, Kabupaten Kuningan, Kamis (11/7/2019) kemarin. Humas Pemprov JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berbicara di hadapan 27 kepala daerah se-Jabar dalam kegiatan Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) triwulan III di Prima Sankanhurip Resort, Kabupaten Kuningan, Kamis (11/7/2019) kemarin.

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumpulkan 27 kepala daerah se- Jabar dalam kegiatan Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) Triwulan III di Prima Sankanhurip Resort, Kabupaten Kuningan, Kamis (11/7/2019) kemarin.

Kopdar merupakan budaya baru yang digagas sebagai wadah untuk menyerap aspirasi dan mengikis miskomunikasi antar daerah.

Dalam acara tersebut, pria yang akrab disapa Emil itu berkomitmen untuk membawa Jabar juara lahir batin, sesuai dengan tagline kampanyenya.

"Tradisi Kopdar ini adalah tradisi baik, insya Allah makin hari terjadi minimalisasi dari miskomunikasi yang kita hadapi. Saya optimis tahun 2020-2021 Jabar ngabret, juara," kata Emil.

Baca juga: Ini Desain LRT Bandung yang Diajukan Ridwan Kamil

Program prioritas dan bantuan keuangan

Dalam kesempatan itu, ia pun memaparkan sembilan program prioritas tahun 2020.

Masing-masing yakni akses pendidikan untuk semua, desentralisasi layanan kesehatan, pertumbuhan ekonomi umat berbasis inovasi, pengembangan destinasi dan infrastruktur pariwisata, pendidikan agama dan tempat ibadah juara.

Kemudian, infrastruktur konektivitas wilayah, gerakan membangun desa, subsidi gratis golongan ekonomi lemah, dan nnovasi pelayanan publik serta penataan daerah.

Dalam pertemuan itu, Emil pun berkomitmen untuk membantu akselerasi pembangunan di daerah lewat bantuan keuangan provinsi. Namun, ia memberlakukan pola baru untuk menentukan besaran bantuan keuangan tiap daerah.

Tiga penilaian itu yakni, jumlah penduduk, prestasi daerah, dan insentif berdasarkan kesuksesan daerah mengimplementasikan program provinsi. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan sekitar Rp 4,4 triliun untuk bantuan keuangan daerah untuk tahun 2020.

"Saya gak tahu dulu penilaiannya bagaimana. Intinya kita tidak akan asal memberi," ujar Emil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X