Medan Tak Masuk Rencana Pembangunan Terminal Setara Bandara

Kompas.com - 11/07/2019, 19:01 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi, menyebut tahun 2020 pihaknya akan membangun sejumlah terminal transportasi darat setara dengan bandara. DewantoroDirektur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi, menyebut tahun 2020 pihaknya akan membangun sejumlah terminal transportasi darat setara dengan bandara.

DELI SERDANG, KOMPAS.com - Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), belum masuk dalam proyek pembangunan terminal tipe A, dengan fasilitas setara bandara.

"Cuma sayangnya Medan belum karena (data) terminal Tipe A itu belum diserahkan ke kita. Ini mana ini yang dari Dishub Medan, atau Dishub Sumut, perwakilannya tak ada ya?" kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi, saat peluncuran layanan GrabCar Airport di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Kamis (11/7/2019).

Baca juga: Komplotan Perampok di Medan Menyamar sebagai Polisi, Begini Kronologinya

Budi mengatakan, hal itu karena Pemkot Medan belum memberikan data jumlah terminal tipe A di Medan.

Namun, kata Budi, Medan akan menjadi proyek percontohan untuk program By The Service di lima kota. Dalam hal ini, pihaknya juga sudah menyediakan anggarannya sementara operatornya dari pihak swasta.

Tahun 2020, Kemenhub akan membangun terminal tipe A di beberapa kota di Indonesia. Fasilitas di terminal ini akan setara dengan bandara.

Baca juga: Baru Pertama ke Indonesia, WNA Asal Perancis Dijambret di Medan 

Rencana ini diinstruksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan tujuan agar masyarakat dapat merasakan pelayanan terbaik dan nyaman.

Untuk itu, pemerintah sudah menyiapkan dana total sebesar Rp 1,2 triliun. Untuk membangun terminal sehingga setara bandara itu dibutuhkan biaya Rp 40-50 miliar.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X