Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Pemeriksa Ponsel Vanessa Angel Dipamerkan di HUT Bhayangkara

Kompas.com - 11/07/2019, 11:07 WIB
Achmad Faizal,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com — Polda Jawa Timur memamerkan sejumlah peralatan kerja saat peringatan HUT Bhayangkara Ke-73 di Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, Rabu (10/7/2019) malam. Salah satunya, perangkat pemeriksa isi ponsel dan perangkat pemeriksa serpihan bom.

Perangkat pemeriksa isi ponsel bernama Celebrite Ufed Touch. Perangkat digital itu adalah salah satu koleksi Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Surabaya.

"Alat ini yang digunakan memeriksa ponsel Vanessa Angel dalam kasus pelanggaran UU ITE," kata Kepala Urusan Narkoba Forensik Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya AKP Yuli Khrisna, di stan Puslabfor Mabes Polri Cabang Surabaya.

Baca juga: Polisi Tunggu Hasil Labfor Terkait Terbakarnya Asrama TNI

Baca juga: Tim Labfor Polda Jatim Olah TKP Kasus Mutilasi untuk Buktikan Keterangan Pelaku

Artis Vanessa Angel sebelumnya pernah menjalani proses hukum di Mapolda Jawa Timur. Dari rangkaian kasus prostitusi online yang diungkap polisi, artis peran itu dijerat pasal pelanggaran UU Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE) karena disebut mengirimkan konten asusila.

Akhir Juni lalu, Vanessa divonis 5 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Surabaya.

Perangkat digital buatan Inggris itu, menurut Yuli, bisa mengakses semua aktivitas ponsel dari SMS, chatting, suara, video, dan aktivitas aplikasi lain. Perangkat dilengkapi beragam bentuk konektor penghubung.

"Saat ponsel tersambung dengan konektor, semua isi ponsel bisa diakses melalui layar monitor laptop. Bahkan, aktivitas yang sudah dihapus di ponsel," ujar Yuli.

Alat tersebut kerap digunakan jika suatu penyidikan kasus memerlukan informasi atau bukti dari ponsel terduga pelaku atau korban.

"Semua informasi dari ponsel bisa diakses melalui alat ini karena prinsipnya di semua ponsel saat nomor ponsel diregistrasi, semua aktivitas pasti bisa diakses," kata Yuli.

Selain Celebrite Ufed Touch, juga dipamerkan beragam perangkat bersifat portable, seperti perangkat pendeteksi gas untuk mendeteksi aroma gas, perangkat pemeriksa uang palsu, pemeriksa jenis narkoba, hingga perangkat pemeriksa serpihan bom bernama Sabre 4000 dan FT IR.

"Alat ini digunakan untuk mendeteksi serpihan bom yang diledakkan di sejumlah lokasi di Surabaya beberapa waktu lalu," kata Yuli.

Baca juga: Polisi di Bandung Meninggal Usai Upacara Hari Bhayangkara

Semua peralatan di Labfor Polri adalah peralatan yang mendukung kinerja penyidikan polisi dengan pendekatan penyidikan berbasis ilmiah.

"Yang kami bawa di stan hanya peralatan yang bersifat portable. Di kantor masih banyak peralatan yang berukuran besar," ujar Yuli.

Baca juga: Bhayangkara Dipilih dari Nama Pasukan Elite Majapahit Pimpinan Mahapatih Gajah Mada

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com