247 Rumah di Pulau Belitung Dipasangi Listrik Gratis

Kompas.com - 11/07/2019, 10:47 WIB
Petugas PLN saat memasang instalasi listrik di rumah warga kurang mampu di Belitung.HERU DAHNUR Petugas PLN saat memasang instalasi listrik di rumah warga kurang mampu di Belitung.

BELITUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 247 rumah tangga kurang mampu di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur kini bisa menikmati pasokan listrik.

Pembiayaan yang dihimpun dari patungan Forum BUMN Belitong (FBB) itu menyambung listrik di 208 rumah di Kabupaten Belitung dan sisanya 39 rumah di Belitung Timur.

"Paling banyak di Kecamatan Membalong yaitu 70 pelanggan, Sijuk 30 pelanggan, Tanjungpandan 65 pelanggan, dan Badau 22 pelanggan," kata Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Belitung Joko Nur Astanto kepada awak media, Kamis (11/7/2019).

Dia menuturkan, masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan adalah mereka yang terdaftar di basis data terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). 


"Menunjuk pada data TNP2K, kami mengajak FBB untuk berkolaborasi dalam penyambungan listrik untuk masyarakat kurang mampu tersebut. Sebelumnya warga hanya menggunakan lampu minyak, lilin, atau menyalurkan listrik dari rumah tetangga untuk dapat menikmati listrik," ujar Astanto.

Baca juga: Diduga Mati Tersengat Listrik, Gajah Ditemukan Tinggal Kerangka

Baca juga: 6.000 Motor Listrik Siap Dibagikan ke Pesantren Jabar

Bantuan yang diberikan meliputi biaya penyambungan, token perdana, sertifikat laik operasi (SLO), dan instalasi di dalam rumah berupa tiga titik lampu, satu buah saklar, dan satu miniature circuit breaker (MCB). 

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Sanem di sela-sela peresmian program yang digelar di Aula Kantor PLN UP3 Belitung mengaku sangat terbantu dan bertima kasih atas bantuan yang diberikan oleh FBB. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada FBB atas kepeduliannya kepada masyarakat karena telah menutupi kekurangan kebutuhan listrik untuk 247 rumah sehingga dapat menikmati terang," ucap Sahani.

Baca juga: Cerita Guru Honorer di Pedalaman Flores, Gaji 85.000, Hidup Tanpa Listrik dan Jaringan Telepon

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X