15 Jenis Ikan Asin di Indonesia, Mana Favoritmu?

Kompas.com - 11/07/2019, 10:32 WIB
Pedagang ikan asin melayani pembeli di Pasar Tradisional Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017). Pedagang ikan asin mengaku berbagai macam jenis ikan asin mengalami kenaikan harga rata-rata sekitar Rp1.000 hingga Rp2.000 akibat harga garam yang saat ini naik dan sulit didapat untuk bahan baku pembuatan ikan asin. ANTARA FOTO / ADENG BUSTOMIPedagang ikan asin melayani pembeli di Pasar Tradisional Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017). Pedagang ikan asin mengaku berbagai macam jenis ikan asin mengalami kenaikan harga rata-rata sekitar Rp1.000 hingga Rp2.000 akibat harga garam yang saat ini naik dan sulit didapat untuk bahan baku pembuatan ikan asin.

KOMPAS.com - Aroma dan cita rasa ikan asin memang khas. Bagi masyarakat Indonesia, ikan yang diolah dengan cara diberi garam untuk lebih awet itu, memiliki banyak jenisnya.

Dilansir dari Tribunstyle, ada sekitar 15 jenis ikan asin yang ada di Indonesia.

Salah satu jenis ikan yang paling digemari adalah ikan asing Gabus. Ikan ini memiliki daging lebih bersih karena biasanya isi perut, insang dan sisiknya dibersihkan lebih dahulu.

Untuk itu, masyarakat harus merogoh kocek lebih dalam untuk mencicipi ikan asin jenis ini.

Baca juga: Jadi Kuli Bangunan, Rafdi Ogah Manfaatkan Jabatan Ayah sebagai Wakil Wali Kota Tidore

Jenis ikan asin kedua yang juga menjadi favorit adalah ikan asin jambal roti, Ikan asin ini cukup digemari karena bentuknya yang tebal seperti roti dan rasanya yang super gurih (dan asin).

Lalu jenis ikan asin ketiga yang paling diburu oleh pecinta kuliner adalah ikan asin cumi. Ikan asin jenis ini lebih dikenal dengan cumi telur.

Bagi para ibu rumah tangga, ikan asin jenis ini sering diburu dan bisa diolah dengan berbagai macam variasi.

Baca juga: 4 Fakta OTT KPK di Kepri, Amankan Gubernur hingga Uang 6.000 Dollar Singapura

Selain tiga jenis ikan asin di atas, berikut ini sederet olahan ikan asin yang ada di Indonesia:

1. Ikan Asin Peda

Ikan asin peda ini merupakan olahan ikan asin setengah kering yang ada di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X