Ini 5 Strategi Jokowi untuk Menata Labuan Bajo

Kompas.com - 11/07/2019, 06:56 WIB
Presiden Joko Widodo berpose dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam di Labuan Bajo, Flores, NTT, Rabu (10/7/2019). SETPRES / AGUS SOEPARTOPresiden Joko Widodo berpose dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam di Labuan Bajo, Flores, NTT, Rabu (10/7/2019).
Editor Rachmawati

MANGGARAI BARAT, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/7/201) siang.

Kedatangan Presiden disambut oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat dengan Tarian Tiba Meka, yang merupakan tarian khas Flores Barat untuk menyambut kunjungan tamu istimewa.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi Proyek Penataan Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo.

Sesuai rencana, Labuan Bajo menjadi bagian dari 10 Bali baru.


Berikut 5 strategi Jokowi untuk menata Labuan Bajo:

1. Runway diperpanjang

ilustrasi bandaraShutterstock ilustrasi bandara
Presiden Jokowi mengatakan akan memperluas Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo serta memperpanjang runway yang ada.

“Terminal akan kita besarkan, runway akan kita perpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semuanya,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan saat bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi Proyek Penataan Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Rabu (10/7/2019) siang.

Baca juga: Jokowi: Tahun Depan, Bandara Labuan Bajo Rampung

 

2. Pengelola bandara akan dilelang

Ilustrasi bandaraThinkstockphotos.com Ilustrasi bandara
Presiden Joko Widodo mengatakan untuk pengelola bandara di Labuan Bajo akan dilelang. Menurut Presiden, pemerintah ingin pengelola bandara adalah yang memiliki jaringan pariwisata internasional sehingga yang datang ke Labuan Bajo adalah wisatawan yang bisa meningkatkan devis.

“Segmentasi yang mau kita ambil di sini berbeda, dengan Manado beda. Segmentasi di sini adalah segmentasi yang premium,” jelas Presiden.

Baca juga: Kunjungi NTT, Jokowi Tinjau Pengembangan Infrastruktur Wisata di Labuan Bajo


3. Buat trotoar dan memperlebar jalan

Pemandangan Bukit Cinta, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (15/2/2019).KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Pemandangan Bukit Cinta, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (15/2/2019).
Selain bandara, Presiden Jokowi juga mengatakan sangat penting untuk menata Kawasan Puncak Waringin.

“Akan kita buat trotoar di sini (kawasan Puncak Waringin) tahun ini mulai nanti sampai ke ujung sana, sehingga turis dapat berjalan ke sini sambil menikmati pemandangan yang ada di depan sana,” ujarnya.

Terkait kurangnya suplai air di wilayah tersebiut, akan di kerjakan oleh pemerintah.

Selain itu kawasan milik Pemda akan dirapikan dan dijadikan pusat handicraft di Labuan Bajo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X