Risma Siapkan Rusun Penjaringan Sari dan Renovasi Rumah Warga Korban Kebakaran

Kompas.com - 10/07/2019, 20:50 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meninjau lokasi kebakaran yang menghanguskan 16 rumah dan 11 rumah terdampak kebakaran di Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Rabu (10/7/2019). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANWali Kota Surabaya Tri Rismaharini meninjau lokasi kebakaran yang menghanguskan 16 rumah dan 11 rumah terdampak kebakaran di Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Rabu (10/7/2019).

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, dari 16 rumah yang hangus dan 11 rumah terdampak kebakaran di Gundih Kecamatan Bubutan, Surabaya, terdapat 42 kepala keluarga yang terimbas.

Risma menyebut, sebagian warga yang terdampak akan dipindahkan ke Rumah Susun Penjaringan Sari. Alasannya, rumah susun tersebut masih kosong.

"Nanti sebagian warga yang terdampak dipindah ke Rusun Penjaringan Sari. Rusun di sana masih kosong. Kan ada 16 rumah yang dilalap api, tapi di situ ada 42 KK," kata Risma, di lokasi kebakaran, Rabu (10/7/2019).

Ia mengungkapkan, setiap rumah ditinggali beberapa kepala keluarga dan rata-rata usianya sudah tua.

Baca juga: Tinjau Kebakaran 16 Rumah di Surabaya, Ini Kata-kata Risma ke Warga

Karena itu, ada beberapa warga yang meminta untuk tetap tinggal di rumah bekas kebakaran, tetapi sisanya akan dipindahkan ke rusun.

"Kami masih mendata siapa yang mau dipindahkan. Karena sebagian tidak mau, harus nungguin dan merawat orangtuanya," ujar Risma.

Dari hasil pendataan, Risma menyebut, sebagaian besar rumah warga yang terbakar merupakan tanah milik PT KAI.

Namun, sebagian rumah lain yang ikut terdampak adalah milik perorangan.

"Kami bantu semampu kami karena ini tidak bisa pakai dana APBD. Kalau tanahnya milik perorangan, kami bantu pakai dana program rehabilitasi sosial rumah kumuh (RSDK), pakai APBD," imbuh Risma.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Irvan Widyanto menyampaikan, dari 42 KK yang terdampak, hanya ada enam rumah yang tanahnya milik perorangan.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X