Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Kebakaran 16 Rumah di Surabaya, Ini Kata-kata Risma ke Warga

Kompas.com - 10/07/2019, 20:12 WIB
Ghinan Salman,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meninjau lokasi kebakaran yang terjadi di Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Rabu (10/7/2019) sore. Risma tampak datang mengenakan masker penutup hidung dan mulut.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, pantauan Kompas.com di lokasi, terdapat 16 rumah yang hangus dilalap api dan 11 rumah terdampak kebakaran di RT 05, RT 02, dan RT 05, Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

"Nanti ikut aku tinggal di rumah susun ya. Bagus kok rumah susunnya. Enggak mungkin aku menelantarkan," kata Risma saat berbincang dengan warga yang rumahnya hangus terbakar.

Ia pun meminta kepada ketua RT setempat untuk mendata warga yang rumahnya dilalap api dan terdampak. Menurut Risma, jika semua sudah terdata, maka ia akan langsung memboyong warga untuk menempati rumah susun.

"Nanti yang muda bisa minta tolong bantu didata, yang mau di rusun siapa, yang mau tinggal di rumah (bekas kebakaran) siapa. Nanti kita bantu biaya pembangunannya," kata Risma.

Baca juga: Sudah Pulih, Risma Mulai Turun Lapangan Tinjau Sekolah

Ia menyampaikan, akan memberikan bantuan berupa kasur dan kebutuhan lainnya. Sementara, untuk rumah yang terbakar, Risma berjanji akan membantu biaya pembangunan rumah.

"Untuk rumah saya bantu biayanya, saya kumpulkan duit, bukan pakai uang pemerintah karena enggak bisa pakai uang pemerintah," ujar Risma.

Selain membantu tempat tinggal, Risma juga berjanji membantu mencetak ulang dokumen-dokumen penting yang ikut hangus dilalap api, seperti KTP, kartu keluarga, SIM, ijazah, hingga surat nikah.

"Besok saya tugaskan staf untuk ambil datanya ya bapak-ibu. Semua dokumen, KTP, KK, surat nikah aku cetakkan," kata Risma.

Baca juga: Risma Beri Pendampingan Psikologi kepada Pelaku dan Korban Pengeroyokan yang Viral

Kebakaran di RT 05, RT 02, dan RT 09, Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya, terjadi pada Rabu, sekitar pukul 09.30 WIB.

Kebakaran tersebut diduga berasal dari LPG yang meledak. Kebakaran berhasil dipadamkan pukul 10.45 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com