Penumpang Bandara Kertajati Bisa Dapat Diskon Hotel hingga 60 Persen

Kompas.com - 10/07/2019, 19:20 WIB
Para penumpang saat mengantre di loket Bandara Kertajati beberapa waktu lalu. Pemprov Jabar dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia memnerikan diskon penginapan hingga 60 persen bagi para penumpang Bandara Kertajati. Dokumentasi Humas PT BIJBPara penumpang saat mengantre di loket Bandara Kertajati beberapa waktu lalu. Pemprov Jabar dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia memnerikan diskon penginapan hingga 60 persen bagi para penumpang Bandara Kertajati.

BANDUNG, KOMPAS.com - Para pengguna penerbangan di Bandara Kertajati bakal mendapatkan diskon penginapan hotel hingga 60 persen.

Penawaran menarik itu muncul setelah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat meneken nota kesepahaman bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat dan para pemilik hotel di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan (Ciayumajakuning), pada 9 Juli 2019.

"Kemarin sudah disepakati ada special rate hotel untuk penumpang atau wisatawan yang terbang di BIJB. MoU-nya ditandatangani di Kabupaten Cirebon," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik, Rabu (10/7/2019).

Menurut Dedi, pihak hotel memberikan potongan harga sebesar 50 hingga 60 persen bagi penumpang atau wisatawan yang melakukan penerbangan melalui Bandara Kertajati. Syaratnya, mereka cukup menunjukan tiket atau boarding pass penerbangan.


Program itu, diharapkan mampu mengatrol jumlah penumpang di Bandara Kertajati, menyusul kebijakan Bus Damri gratis bagi para penumpang dari Bandung ke Kertajati selama setahun penuh.

"Hal ini merupakan salah satu upaya promosi untuk meningkatkan tingkat kedatangan penumpang di BIJB. Sekarang sudah berlaku, memang belum semua hotel. Tapi sosialisasi terus berjalan," kata Dedi.

Baca juga: Warga Bandung Dapat Gunakan Bus Gratis Menuju Bandara Kertajati

Sementara itu, Ketua PHRI Jabar, Herman Muhtar mengatakan, sudah ada 24 hotel di wilayah Ciayumajakuning yang sudah menyepakati kerja sama tersebut. Ia berharap, kesepakatan itu mampu mempertahankan tren positif kunjungan wisatawan ke wilayah Ciayumajakuning pasca peralihan sebagian rute penerbangan dari Husein Sastranegara.

" Diskon ini sudah berjalan. Sejauh ini sudah ada 24 hotel yang menjalankannya. Di antaranya di wilayah Cirebon empat hotel dan satu hotel di Majalengka. Jumlah hotelnya bisa terus bertambah," kata Herman.

Baca juga: Ini Cara Bedakan Bus Bandara Kertajati ke Bandung dan Destinasi Lain

Herman mengatakan, program itu akan diuji coba selama empat bulan. Jika hasilnya memuaskan, maka pemberian diskon terus diperpanjang selama setahun penuh. 

Ia berharap pemerintah daerah bisa ikut mendorong penguatan sektor pariwisata untuk menjaga konsistensi jumlah kunjungan.

"Kami akui, kalau ditinjau dari sisi bisnis hitungannya ya rugi. Tapi ini untuk dukungan pemerintah sekaligus BIJB. Tapi, kami juga minta para kepala daerah yang ada di wilayah Ciayumajakuning sigap mempersiapkan pariwisatanya," kata Herman.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X