Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 800.000 Ayam Ternak Akan Dibagikan ke Warga Gorontalo

Kompas.com - 10/07/2019, 14:12 WIB
Rosyid A Azhar ,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com  — Sebanyak 18.651 rumah tangga miskin pertanian (RTMP) Provinsi Gorontalo akan mendapat bantuan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dari Kementerian Pertanian.

Belasan ribu warga kurang mampu ini akan mendapat 800.000 ekor ayam ternak. Pemberian itu termasuk pakan, obat-obatan, dan uang pembuatan kandang sebesar Rp 500.000.

Kepastian jumlah rumah tangga miskin penerima program Kementerian Pertanian ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Mulyadi Mario seusai menggelar rapat dengan tim Program Bekerja Kementerian Pertanian.

“Penerima bantuan sebanyak 18.651 rumah tangga miskin yang menjadi target penyaluran 800.000 ekor ternak ayam yang dilengkapi dengan pakan dan obat-obatan,” kata Mulyadi Mario, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Kota Semarang Luncurkan ATM Beras untuk Bantu Warga Kurang Mampu

Program berbasis pertanian ini digelar untuk mengentaskan warga dari kemiskinan yang menggeluti sektor pertanian. Pemberian melalui 3 tahap: jangka pendek, menengah, dan panjang.

Mulyadi mengatakan, diperkirakan setiap penerima bantuan akan mendapat 50 ekor ayam umur 1 bulan (pullet) ditambah pakan 150 kilogram dan uang Rp 500.000 untuk pembiayaan kandang.

Besaran penerima dan bantuan ini disampaikan setelah ada pertemuan finalisasi dengan Balai Besar Veteriner Denpasar Bali yang melakukan kunjungan kedua kali di Gorontalo, Selasa kemarin.

Baca juga: SMKN Jateng, Penyambung Asa untuk Siswa Kurang Mampu

Mekanisme penyaluran ini selain dilakukan oleh pemerintah juga oleh BRI. Transfer dana pembiayaan kandang akan dikirim melalui rekening penerima di bank ini.

Mulyadi mengatakan, penyaluran dimulai pada Agustus.

“Penerimaan uang akan ditransfer langsung ke rekening RTMP. Yang belum memiliki nomor rekening akan dibantu BRI tanpa perlu saldo awal,” kata Mulyadi.

Kepala Bidang Peternakan Provinsi Gorontalo Agustina Kilapong berharap RTMP penerima bantuan ini dapat memanfaatkan sebaik-baiknya agar dapat lebih meningkatkan kesejahteraan hidup, khususnya beternak.

Baca juga: Warga Kurang Mampu Penerima Bantuan BPJS Kesehatan di Surabaya Capai 550.386 Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com