Pemkot Surabaya Akhirnya Kembali Kuasai YKP

Kompas.com - 09/07/2019, 18:39 WIB
Kepala Kejati Jatim Sunarta A. FAIZALKepala Kejati Jatim Sunarta

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Sunarta mengatakan,  Pemerintah Kota Surabaya telah menguasai sepenuhnya Yayasan Kas Pembangunan ( YKP) Surabaya.

Seluruh pengurus YKP Surabaya yang lama mundur dan disii jajaran Pemkot Surabaya.

"Pengurus YKP sudah mengundurkan diri. Pemkot Surabaya sudah mengisi jabatan tersebut di hadapan notaris agar tidak terjadi kekosongan," kata Sunarta, Selasa (9/7/2019).

Baca juga: Kejati: Pengurus Siap Serahkan Aset YKP Ke Pemkot Surabaya

Sunarta menjelaskan, Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) hari ini juga mulai bekerja mengaudit aset YKP.

"Proses pidananya tergantung nanti hasil audit, nanti ada kajian khusus," jelasnya.

Sunarta menegaskan bahwa proses hukum mengedepankan penyelamatan aset. Jika pelaku utamanya sudah tidak ada, maka aset yang masih ada yang perlu diselamatkan.

Dikonfirmasi terpisah, Kabag Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser mengatakan belum menerima laporan soal pengurus YKP yang baru.

"Saya belum mendapatkan informasi dari bagian hukum. Nanti pasti saya cek informasinya," ujar Fikser.

Baca juga: Kejati Jatim Tahan Pencairan Deposito Rp 30 Miliar Oknum Pengurus YKP

Diberitakan sebelumnya, Kejati Jatim mencium aroma penyalahgunaan aset negara di yayasan yang dibentuk oleh Pemkot Surabaya sejak 1951 itu.

YKP dibentuk dengan aset awal berupa tanah 3.048 persil dari Pemkot Surabaya, yaitu tanah negara bekas Eigendom verponding.

Sejak pendirian, YKP selalu diketuai oleh wali kota Surabaya. Wali kota Surabaya terakhir yang menjabat yakni Sunarto pada 1999. Karena ada ketentuan UU No. 22 Tahun 1999 tentang otonomi daerah, kepala daerah tidak boleh rangkap jabatan.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X