Risma Beri Pendampingan Psikologi kepada Pelaku dan Korban Pengeroyokan yang Viral

Kompas.com - 09/07/2019, 18:18 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini KOMPAS.COM/GHINAN SALMANWali Kota Surabaya Tri Rismaharini

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah mengetahui dan memerintahkan Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) untuk menangani kasus pengeroyokan terhadap remaja perempuan di Surabaya.

Kepala DP5A Kota Surabaya Chandra Oratmangun mengakui, mendapat perintah langsung dari Risma untuk menangani kasus pengeroyokan yang sempat viral di media sosial itu.

"Ibu (Risma) memang minta pelaku dan korban didampingi secara keseluruhan, karena ini menyangkut masalah anak, beliau menaruh perhatian dan tidak main-main," kata Chandra, saat dihubungi, Selasa (9/7/2019).

Menurut dia, tim dari DP5A sudah menemui sembilan anak tersebut beserta orangtua masing-masing. Ia menyebut, delapan pelaku dan korban sudah sama-sama mengakui kesalahannya.

Baca juga: Ini Pemicu Pengeroyokan Remaja Perempuan di Surabaya yang Videonya Viral

" Pelaku juga menyesal kok, kami dampingi biar cepet berlalu karena anak-anak ini kasihan ya. Kalau dibiarkan mereka juga semakin tertekan," ujar dia.

Terlebih lagi, setelah kasus itu viral dan menjadi perhatian masyarakat, ia khawatir sembilan anak tersebut mengalami tekanan dan trauma.

Karena itu, pihaknya akan memberikan pendampingan dibantu psikolog untuk menghapus tekanan dan trauma yang dialami sembilan anak tersebut.

"Nanti akan dicek secara keseluruhan melalui pendampingan psikolog, dengan hypnotherapy dan trauma healing, supaya mereka enggak ingat lagi," kata dia.

Ia berharap, anak-anak tersebut bisa memetik pelajaran atas apa yang sudah dilakukan dan membuka lembaran baru untuk melanjutkan masa depan.

"Anak-anak ini masa depannya masih panjang, mereka semua punya cita-cita. mereka juga mungkin enggak menyangka akan jadi seperti ini," ujar dia.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X