Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Muatan, Bus Berpenumpang 29 Orang Terbalik

Kompas.com - 09/07/2019, 17:27 WIB
Mansur,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

POSO, KOMPAS.com – Satu unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jurusan Makassar-PosoGorontalo berpenumpang 29 orang mengalami kecelakaan tunggal di jalur Trans-Sulawesi, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (9/7/2019).

Kecelakaan yang terjadi di Desa Pinedapa, Kecamatan Poso Pesisir itu menyebabkan  enam penumpang luka-luka dan dilarikan ke puskesmas untuk menjalani perawatan medis.

KBO Satlantas Polres Poso Ipda Risdiyanto mengatakan, kecelakaan itu diduga karena bus kelebihan muatan. 

"Dari hasil olah TKP sementara di lokasi kejadian, kita menemukan banyak kejanggalan. Di antaranya adanya dugaan kelebihan penumpang sehingga saat di tikungan mobil lepas kendali dan akhirnya terbalik," ujar Risdianto saat ditemui di ruangannya, Selasa.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan di Tol Jagorawi yang Tewaskan Bocah 6 Tahun

Awalnya bus tersebut melintas dari Makassar menuju Gorontalo. Saat perjalanan tepatnya di ujung Desa Pinedapa, tepat di tikungan kiri, bus Isuzu berpelat DM 7274 A yang dikemudikan Azizul ( 31) keluar jalur.

Bus berupaya menghindari mobil Toyota Avanza yang datang dari arah berlawanan. Karena kelebihan muatan, bus akhirnya terbalik.

"Untuk sementara kendaraan dan barang masih di TKP. Untuk seluruh penumpang yang sebelumnya sempat  menjalani perawatan di Puskesmas Desa Mapane, sudah bisa pulang dan sebagian telah dijemput oleh pihak keluarga," ujar Risdiyanto.

Baca juga: Kata-kata Terakhir Guru TK yang Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Baluran Situbondo

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com