Bukan untuk Olahraga, GOR Ini Diduga Malah Jadi Tempat Adu Ayam

Kompas.com - 08/07/2019, 23:13 WIB
Ilustrasi ayamPavlofox/Pixabay Ilustrasi ayam

GARUT, KOMPAS.com – Video adu ayam yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Ciateul di Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul, belakangan ini viral di media sosial termasuk YouTube dan mendapat banyak tanggapan dari masyarakat Garut.

Banyak masyarakat mempermasalahkan lokasi kontes tersebut yang dianggap menyalahi aturan.

Lokasi kontes sendiri, merupakan GOR bela diri yang dibangun Pemkab Garut namun belum sepenuhnya dioperasikan karena belum selesai 100 persen.


Riana Abdul Azis misalnya, Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Garut menyayangkan penggunaan GOR tersebut untuk kegiatan kontes ayam. Karena, menurutnya GOR yang dibiayai oleh pemerintah, bukan untuk kegiatan sabung ayam.

Baca juga: Fakta Mertua Curi Uang Menantunya Rp 7 Juta, untuk Sabung Ayam hingga Berujung Damai

Riana menduga, ada praktek perjudian dalam kegiatan tersebut. Karenanya, kegiatan tersebut menurutnya melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1981 tentang Pelaksanaan UU Nomor 7 tahun 1974 tentang penertiban perjudian.

Riana melihat, jika memang belum bisa digunakan untuk keperluan GOR bela diri, baiknya digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat seperti kegiatan keagamaan dan kepemudaan.

Terpisah, pelaksana kegiatan kontes ayam adu yang tergabung dalam Perkumpulan Penghobi Ayam Kontes Nusantara (PPAKN) Kabupaten Garut, melalui Pisa Ismail Saleh yang menjabat sebagai penasehat menegaskan, kegiatan yang dilaksanakan di GOR tersebut telah mengantongi izin dari Pemkab Garut dan aparat kepolisian.

Pisa menegaskan, kegiatannya dilaksanakan pada akhir tahun 2018 lalu dan kegiatannya bukan sabung ayam.

Kegiatan yang dilakukan, menurutnya, adalah kontes ayam sama halnya seperti kontes domba Garut

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X