Sutopo dalam Kenangan Anaknya, Jujur dan Berdedikasi

Kompas.com - 08/07/2019, 15:18 WIB
Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho, putra sulung almarhum Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menabur bunga di atas makam ayahnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIMuhammad Ivanka Rizaldy Nugroho, putra sulung almarhum Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menabur bunga di atas makam ayahnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019).

BOYOLALI, KOMPAS.com - Kesedihan terlihat dari wajah Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho, putra sulung almarhum Kepala Pusat, Data, Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Ivanka tak kuasa menahan tangis ketika janazah ayahnya diberangkatkan ke pemakaman hingga dimasukkan ke liang lahat.

Menurut Ivanka, ayahnya tersebut merupakan sosok orangtua yang perhatian terhadap keluarga. Sutopo selalu mengajarkan kepada anak-anaknya tentang kejujuran dan kebaikan.

"Bapak itu orangnya berdedikasi, semua yang dilakukan selalu buat kepentingan sesuatu yang lebih besar. Bapak itu orangnya penyayang kepada anak-anaknya," kenang Ivanka usai pemakaman ayahnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019).


Baca juga: Cerita Anak Sutopo ke Ganjar: Pak Gubernur, Sekarang Bapak Tidak Sakit Lagi...

Ivanka yang tak kuasa menahan air mata, mengungkapkan banyak kenangan bersama ayahnya semasa hidup yang tak pernah ia lupakan.

Salah satu kenangan yang diungkapkan Ivanka adalah ayahnya seorang penyabar dan pemaaf. Bahkan ketika anaknya melakukan tindakan yang tidak benar, kata Ivanka, ayahnya selalu mengingatkan.

"Bapak itu orangnya pemaaf, baik dan penyabar kepada keluarga dan anak-anaknya," ucap Ivanka terbata-bata.

Baca juga: 4 Fakta Pemakaman Sutopo di Boyolali, Istri Sempat Pingsan dan Jarak Makam 500 Meter dari Rumah

Sutopo dimakamkan di TPU Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali sekitar pukul 09.00 WIB. Pemakaman Sutopo diawali dengan upacara kenegaraan yang merupakan penghormatan terakhir kepada almarhum. Upacara dipimpin Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Pemakaman jenazah Sutopo berlangsung sekitar satu jam. Keluarga dan pelayat turut mengantarkan jenazah Sutopo ke tempat peristirahatan terakhir.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X