Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutopo dalam Kenangan Anaknya, Jujur dan Berdedikasi

Kompas.com - 08/07/2019, 15:18 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Kesedihan terlihat dari wajah Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho, putra sulung almarhum Kepala Pusat, Data, Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Ivanka tak kuasa menahan tangis ketika janazah ayahnya diberangkatkan ke pemakaman hingga dimasukkan ke liang lahat.

Menurut Ivanka, ayahnya tersebut merupakan sosok orangtua yang perhatian terhadap keluarga. Sutopo selalu mengajarkan kepada anak-anaknya tentang kejujuran dan kebaikan.

"Bapak itu orangnya berdedikasi, semua yang dilakukan selalu buat kepentingan sesuatu yang lebih besar. Bapak itu orangnya penyayang kepada anak-anaknya," kenang Ivanka usai pemakaman ayahnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019).

Baca juga: Cerita Anak Sutopo ke Ganjar: Pak Gubernur, Sekarang Bapak Tidak Sakit Lagi...

Ivanka yang tak kuasa menahan air mata, mengungkapkan banyak kenangan bersama ayahnya semasa hidup yang tak pernah ia lupakan.

Salah satu kenangan yang diungkapkan Ivanka adalah ayahnya seorang penyabar dan pemaaf. Bahkan ketika anaknya melakukan tindakan yang tidak benar, kata Ivanka, ayahnya selalu mengingatkan.

"Bapak itu orangnya pemaaf, baik dan penyabar kepada keluarga dan anak-anaknya," ucap Ivanka terbata-bata.

Baca juga: 4 Fakta Pemakaman Sutopo di Boyolali, Istri Sempat Pingsan dan Jarak Makam 500 Meter dari Rumah

Sutopo dimakamkan di TPU Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali sekitar pukul 09.00 WIB. Pemakaman Sutopo diawali dengan upacara kenegaraan yang merupakan penghormatan terakhir kepada almarhum. Upacara dipimpin Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Pemakaman jenazah Sutopo berlangsung sekitar satu jam. Keluarga dan pelayat turut mengantarkan jenazah Sutopo ke tempat peristirahatan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com