Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Kepala Daerah atau Mantan Bisa Dipertimbangkan Masuk Kabinet

Kompas.com - 08/07/2019, 11:20 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengamat politik, Ray Rangkuti menilai, Presiden RI terpilih, Joko Widodo, perlu lebih selektif untuk memilih tokoh-tokoh yang akan ditarik masuk ke kabinet.

Ray yang menjabat direktur eksekutif Lingkar Madani mengatakan, untuk calon anggota kabinet sudah sepatutnya terampil dan cekatan dalam manajemen. Selain itu, calon tersebut juga mampu melaksanakan program serta menerjemahkan visi dan misi presiden.

"Khususnya mereka yang sudah terbiasa bekerja membantu Pak Jokowi pada masa kerja sebelumnya. Baik yang di kabinet maupun mereka yang berada dalam posisi lain tetapi dalam bingkai membantu kinerja Pak Jokowi," kata Ray saat dihubungi, Senin (8/7/2019).

Ray menjelaskan, terampil dan cekatan dalam mengeksekusi program Jokowi berarti memiliki rekam jejak kerja baik. Menurut dia, hal tersebut dapat ditemukan dari kaum profesional yang secara langsung ataupun tidak dapat dicari rekam jejaknya.

Baca juga: Dedi Mulyadi: Jangan Dikte Presiden soal Penunjukan Menteri

 

Kriteria tersebut, lanjut Ray, bisa saja merujuk pada kader partai yang sukses di pemerintahan sebelumnya, khususnya mereka yang sudah terlibat dalam kabinet periode 2014-2019.

Selain itu, mantan kepala daerah atau kepala daerah yang masih aktif yang dinilai sukses dalam mengelola daerahnya masing-masing juga wajib dipertimbangkan untuk masuk ke kabinet. Sebab, sukses kepemimpinan kepala daerah tidak dapat dilepaskan dari fakta bahwa mereka memiliki perpaduan kemampuan manajerial dan eksekutorial.

"Dan, karena itu, sangat beralasan mereka (kepala daerah dan mantan kepala daerah ) didorong partai serta dipertimbangkan oleh Pak Jokowi untuk dilibatkan dalam kabinet berikut," ucapnya.

Lebih lanjut Ray menambahkan, agar program-program prioritas di periode kedua masa kepemimpinan Presiden Jokowi sukses lima tahun ke depan, tokoh yang mengisi kabinet wajib memiliki sensitivitas dalam hal membaca kemauan dan arahan Pak Jokowi.

Di hubungi terpisah, analis politik POINT Indonesia, Airf Nurul Iman mengatakan, kepala daerah aktif atau mantan kepala daerah yang sukses membangun daerahnya dinilai cukup potensial untuk masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo.

“Tapi perlu dilihat juga kapasitas dan kompetensinya. Pengalaman dan prestasi apa yang pernah dibuat,” kata Arif saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Menjaring Menteri Menuju Capres 2024

Selain itu, dengan memilih kepala daerah aktif atau mantan kepala daerah yang sukses, hal tersebut akan memudahkan Jokowi untuk membentuk komposisi meritokrasi yang berarti pemerintahan yang diisi oleh para pemimpin yang dipilih berdasarkan prestasi atau kemampuan.

Selain itu, dengan memilih kepala daerah atau mantan kepala daerah, akan memudahkan Presiden Jokowi dalam hal mengakomodasi keinginan partai politik pengusungnya di Pilpres 2019. Sebab, hampir setiap kepala daerah merupakan kader partai politik.

“Partai politik juga memiliki kader yang mumpuni,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com