Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Es Sebesar Kelereng Landa Aceh Tengah

Kompas.com - 07/07/2019, 18:23 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Khairina

Tim Redaksi

ACEH TENGAH, KOMPAS.com- Hujan disertai angin kencang melanda sejumlah desa di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Minggu (7/7/2019) siang.

"Hujan es ini terjadi sekitar pukul 14.15 WIB, sekitar 10 menit, ketika saya baru pulang ke rumah karena ada urusan di luar. Hujan es ini datang sekalian dengan angin kencang," kata Suprihono (42), warga Kampung Paya Tungel, Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah.

Dijelaskan, hujan es berbentuk bulat sebesar ukuran kelereng atau ukuran jari orang dewasa itu biasa terjadi setahun sekali setiap ada perubahan cuaca.

Baca juga: Viral Hujan Es di Jakarta, Ini Penjelasan BMKG...

"Biasanya cuaca ekstrem seperti ini terjadi karena perubahan cuaca atau musim, sudah beberapa hari ini, di tempat saya cuaca kalau pagi terasa sangat dingin," lanjut Supriono, yang juga seorang penyuluh pertanian tersebut.

Ia bahkan sempat menghubungi beberapa rekannya di sejumlah kampung di Kecamatan Jagong Jeget. Ternyata, peristiwa hujan es juga terjadi di Kampung Paya Tungel, Jeget Ayu dan Bukit Kemuning.

"Hampir semua kampung di Kecamatan Jagong Jeget terjadi cuaca yang sama," ujar Suprihono.

Baca juga: Magelang Diguyur Hujan Es, Bagaimana Bisa Terjadi?

Akibat hujan es melanda, banyak tanaman warga di kampung yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Takengon, ibukota Kabupaten Aceh Tengah tersebut, mengalami kerusakan daun maupun bunga.

"Tadi saya cek tanaman bawang merah di depan rumah, ya daunnya pada patah, lalu tanaman warga seperti cabai juga pasti rusak, termasuk daun dan bunga tanaman kopi, biasanya rontok kalau terkena hujan seperti ini," ungkap Suprihono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com