Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Evakuasi Thoriq dari Jurang Sedalam 400 Meter, Ini Faktanya

Kompas.com - 07/07/2019, 12:45 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Tim SAR butuh waktu kurang lebih dua jam untuk mengevakuasi jasad Thoriq Rizky Maulidan di Gunung Piramid, pada hari Sabtu (6/7/2019).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso Kukuh Triatmoko, menjelaskan, tim SAR harus ekstra hati-hati karena medan yang terjal dan curam.

Sementara itu, Kukuh menceritakan, ada sebanyak 100 orang Tim SAR gabungan dari TNI, Polri, Wanadri, BPBD dan Basarnas, yang terlibat dalam proses evakuasi Thoriq, warga Desa Sukowiryo, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Proses evakuasi jenazah Thoriq dari jurang 400 meter

Thoriq Pendaki yang Hilang di Gunung PiramidTribunStyle/Kolase Instagram @chexio94 dan @thoriq_ricky33 Thoriq Pendaki yang Hilang di Gunung Piramid

Kukuh Triatmoko menjelaskan, Tim SAR gabungan baru tiba di lokasi penemuan jenazah sekitar pukul 11.00 WIB.

"Begitu tiba di lokasi, Tim SAR langsung melakukan proses evakuasi. Butuh waktu sekitar satu jam lebih untuk mengangkat jenazah korban ini," kata Kukuh.

Menurutnya, tim SAR sangat berhati-hati untuk mengangkat jenazah dari dasar jurang dengan kedalaman sekitar kurang lebih 400 meter itu.

"Kita sangat berhati-hati karena kondisi medannya cukup sulit," kata Kukuh.

Setelah itu, jenazah baru tiba di Pos I pada pukul 16.00 WIB dan langsung dibawa ke Instalasi Kamar Jenazah Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Koesnadi. Perjalanan yang jauh hingga membutuhkan waktu cukup lama.

Baca juga: Tim SAR Butuh Satu Jam Mengangkat Jenazah Thoriq Rizky

2. Sebanyak 100 orang petugas tim SAR gabungan terlibat

Jenazah Yang Diduga Thoriq Rizki Maulidan, Warga Desa Sukowiryo, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Tiba di Rumah Sakit Daerah dr Koesnadi Bondowoso.KOMPAS.com/AHMAD WINARNO Jenazah Yang Diduga Thoriq Rizki Maulidan, Warga Desa Sukowiryo, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Tiba di Rumah Sakit Daerah dr Koesnadi Bondowoso.

Sebanyak 100 orang Tim SAR gabungan dari TNI, Polri, Wanadri, BPBD dan Basarnas, melakukan proses evakuasi terhadap jenazah Thoriq.

Seperti diketahui, Thoriq dilaporkan hilang saat mendaki bersama tiga temannya di Bukit Piramid, Gunung Argopuro, Minggu (23/7/2019).

Selama kurang lebih 12 hari tim SAR gabungan mencari keberadaan Thoriq. Namun, hingga batas waktu pencarian resmi ditutup, jenazah pendaki warga Bondowoso itu belum juga ditemukan.

Berdasar rilis dari Wanadri, sebagian tim SAR gabungan memilih melanjutkan pencarian. Akhirnya, pada hari Jumat (5/7/2019), salah satu anggota Wanadri melihat keberadaan sesosok jasad yang tersangkut di pohon di jurang yang terjal.

Baca juga: Setelah Dievakuasi, Polisi Autopsi Jenazah Thoriq Rizky

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com