Istri Kapolsek Ini Serahkan Anak Beruang Madu ke BKSDA

Kompas.com - 06/07/2019, 11:46 WIB
Istri Kapolsek Lahei Anita Octaviani (Kedua kanan) menyerahkan seekor anak beruang madu jantan kepada Kepala BKSDA Kalteng SKW III Muara Teweh Nizar Ardhanianto (kanan) di Mapolsek Lahei Kecamatan Lahei, Jumat (5/7/2019). FOTO ANTARA/H0-BKSDA Kalteng SKW III Muara Teweh AntaranewsIstri Kapolsek Lahei Anita Octaviani (Kedua kanan) menyerahkan seekor anak beruang madu jantan kepada Kepala BKSDA Kalteng SKW III Muara Teweh Nizar Ardhanianto (kanan) di Mapolsek Lahei Kecamatan Lahei, Jumat (5/7/2019). FOTO ANTARA/H0-BKSDA Kalteng SKW III Muara Teweh
Editor Rachmawati

BARITO UTARA, KOMPAS.com  -  Anita Octaviani, istri dari Kapolsek Lahei, AKP M Tommy Palayukan menyerahkan seekor beruang madu (Helarctos Malayanus) ke Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Muara Teweh.

" Beruang madu jantan ini baru berusia sekitar enam bulan dan kondisi sehat," kata Kepala BKSDA Kalteng SKW III Muara Teweh, Nizar Ardhanianto di Muara Teweh, Sabtu, (6/7/2019).

Anita yang tinggal di Kelurahan Lahei, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara ini menjelaskan jika anak beruang madu itu berasal dari warga Desa Muara Bakah, Kecamatan Lahei yang menemukannya di hutan sekitar desa setempat.

Baca juga: Polisi Ungkap Perdagangan Beruang Madu, Beo, hingga Pelanduk Aru

Oleh warga, anak beruang madu tersebut diserahkan ke Polsek lalu kemudian diserahkan oleh Anita pada  tim wildlife rescue (WRU) BKSDA Kalteng pada Jumat (5/7/2019).

"Anak beruang madu itu diserahkan warga ke Kapolsek Lahei dua hari lalu, kemudian pihak Polsek menghubungi call center BKSDA Kalteng 0811-521-8500 untuk menyerahkan satwa tersebut," jelas Nizar.

Ia mengatakan, anak beruang tersebut akan dibawa ke kantor BKSDA Kalteng di Palangka Raya untuk mendapatkan perawatan dari dokter hewan dan selanjutnya akan dititipkan ditempat rehabilitasi satwa.

"Kami sangat mengapresiasi kepedulian ibu Kapolsek Lahei terhadap kelestarian satwa liar terutama satwa dilindungi," ujar dia.

Baca juga: BKSDA Pasang Perangkap untuk Beruang yang Serang Manusia di Riau

Populasi beruang madu di Barito Utara banyak ditemukan di hutan kawasan Cagar Alam Pararawen, Kecamatan Teweh Tengah.

Namun jumlahnya masih tidak diketahui karena belum pernah ada survei untuk meneliti keberadaan habitat satwa yang dilindungi tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X