Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Curas Bermodus "Debt Collector" Incar Mobil "Leasing"

Kompas.com - 05/07/2019, 18:15 WIB
Dewantoro,
Khairina

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Polres Serdang Bedagai saat ini masih mendalami kasus pencurian dengan kekerasan di Jalan Lintas Sumatera Medan - Tebing Tinggi, Sumatera Utara yang melibatkan enam pelaku dengan modus sebagai debt collector.

Dihubungi via telepon, Kasat Reskrim Polres Sergai AKP Hendro Sutarno,  Jumat (5/7/2019) siang mengatakan, pendalaman yang dimaksudnya adalah dengan memeriksa lebih jauh tentang peran masing-masing pelaku.

"Mengingat yang katanya debt collector pun hanya menggunakan surat fotokopian," katanya.

Baca juga: Pelaku Curas Berkedok Debt Collector Ditangkap di Pintu Tol, Ini Kronologinya

Enam pelaku tersebut yakni Yeremian Valentino Sihombing (20), April Tua Marpaung (30), Doni Sitorus (26), Hendra Sirait (24), Rismanto Malau (21), dan Hendriko Marbun (26) yang semuanya merupakan warga Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Mereka ditangkap sekitar satu jam setelah beraksi dengan korban bernama Muhammad Zakariamo (39) yang mengendarai mobil Kijang Innova BK 1845 JZ yang dikemudikan korban Muhammad Zakariamo (39).

Penangkapan oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Serdang Bedagai dilakukan saat pelaku keluar Jalan Tol Pulau Kemiri. Dikatakannya, saat beraksi pelaku mengaku sebagai debt collector.

Pelaku melancarkan aksinya di depan Jalan Tol Teluk Mengkudu, Sergai pada Rabu (3/7/2019) sore.

"Jadi, mereka ini, para pelaku mengaku sebagai debt collector. Mereka mengincar mobil yang di-leasing. Jadi setelah beraksi, pelaku kabur dan masuk ke jalan tol. Sedangkan korban sendiri, sempat melompat dari mobilnya,” ujarnya.

Baca juga: Mobil Rombongan Pengantin Dirampas Debt Collector, Penumpang Disuruh Naik Angkot

Petugas Satreskrim Polres Sergai, kata dia, bergerak setelah adanya laporan dari petugas tol yang melihat melaporkan kejadian itu ke polisi.

Setelah itu, pihaknya melakukan pengejaran bersama bersama PJR Polda Sumut, petugas jalan tol menangkap pelaku.

"Mereka bukan spesialis pencuri yang beraksi di jalan tol. Mereka hanya melakukan aksinya di depan jalan tol dan melarikan diri melalui jalan tol," jelasnya.

Pelaku mengaku baru sekali menjalankan aksinya. Namun, polisi tidak percaya begitu saja.

"Ya sekarang ini prosesnya, kita masih mendalaminya lah. Masing-masing punya peran apa, modusnya bagaimana saja, dan lain sebagainya," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com