Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Rp 6,4 Miliar untuk Perbaiki Infrastruktur akibat Bencana di Maluku

Kompas.com - 05/07/2019, 17:02 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku merinci jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk pemulihan sejumlah infrastruktur yang rusak akibat bencana alam di Maluku pada Juni 2019 lalu.

Berdasarkan hitungan sementara, jumlah anggaran untuk memperbaiki sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan ditaksir mencapai Rp 6,4 miliar.

"Jumlah kerugian senilai Rp 6,4 miliar itu masih hitungan sementara untuk pemulihan infrastruktur yang rusak pasca bencana,” kata Kepala Seksi Tata Bangunan Dinas PUPR Provinsi Maluku, Mario Frans kepada wartawan di Ambon, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 5,4 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Adapun, sejumlah insfrastruktur yang rusak akibat bencana yakni jalan dan jembatan di Laha-Wakasihu, Maluku Tengah, dua jembatan, serta ruas jalan Kairatu-Hunitetu, di Seram Bagian Barat.

Sementara untuk Kota Ambon, kerusakan akibat bencana terjadi di Kampus IAIN Ambon, serta tiga talut yang tersebar di kawasan Batu Meja, Kayu Tiga Kayu Putih Kota Ambon.

Menurut Mario, jumlah anggaran untuk perbaikan infrastruktur yang rusak itu bisa bertambah karena pihaknya belum menghitung kerugian akibat rusaknya jembatan Wai Kaliurat di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Baca juga: Kejati Maluku Usut Kasus Ambruknya Gedung IAIN Ambon

Hal senada juga dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Farida Salampessy. Menurut dia, rincian anggaran untuk perbaikan insfrastruktur yang rusak akibat bencana alam di Maluku masih belum final, karena masih menunggu hitungan anggaran kerusakan jembatan Wai Kaliurat di Seram Bagian Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com