Burung Garuda Kembali Ditemukan

Kompas.com - 05/07/2019, 11:28 WIB
Seekor anakan Burung Garuda alias Elang Jawa terpantau di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barat, Senin (01/07/2019). Ini adalah temuan kedua di tahun ini terkait aktivitas hewan paling dilindungi itu. Foto: Istimewa (Robi Rizki Zatnika/TNGGP)Seekor anakan Burung Garuda alias Elang Jawa terpantau di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barat, Senin (01/07/2019). Ini adalah temuan kedua di tahun ini terkait aktivitas hewan paling dilindungi itu.

CIANJUR, KOMPAS.com – Pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Jawa Barat kembali menemukan elang jawa.

Burung yang juga dikenal dengan sebutan burung garuda itu terdeteksi tim monitoring elang jawa di dalam kawasan Gunung Gede Pangrango, Senin (1/7/2019).

Humas TNGGP Ade Bagja Hidayat mengatakan, sejauh ini tim telah berhasil menemukan dua sarang elang jawa. Keberadaannya masih terpantau hingga saat ini.

“Lokasi (sarang) baru ini berhasil ditemukan saat tim sedang melakukan pengecekan air,” kata Ade saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Gede Pangrango Jadi Rumah Nyaman Burung Garuda

Ade menyebutkan, dari pengamatan di lokasi, anakan elang jawa di dalam sarangnya itu ditaksir berusia sekitar dua bulan.

Hal itu dilihat dari anakan elang yang sudah mampu mengepakan sayap dengan baik saat diterpa angin.

Sebelumnya, sebut Ade, tim juga berhasil menemukan anakan elang jawa di lokasi sarang yang berbeda pada 13 April 2019.

“Dengan temuan ini semakin membuktikan jika elang jawa dapat berkembang biak setiap tahunnya di dalam kawasan Gunung Gede Pangrango dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Nasib Habitat Owa Jawa dan Burung Garuda yang Terancam Punah di Gunung Buthak

Selain elang jawa, ekosistem kawasan TNGGP juga menjadi tempat hidup yang baik bagi jenis satwa endemik Jawa lainnya, seperti macan tutul jawa dan owa jawa.

“Bertambahnya jumlah elang jawa ini pun menjadi kabar baik bagi upaya pelestarian satwa yang paling dilindungi itu. Pemantauan terus dilakukan karena elang jawa itu diperkirakan akan segera terbang dari sarangnya,” ungkapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X