Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketik "Monyet Cukur Rambut" di Google Muncul Gambar Jokowi, Jangan Gusar...

Kompas.com - 05/07/2019, 08:31 WIB
Hendra Cipta,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com — Akun Facebook Gandhi Waluyan mengunggah status kalimat ajakan yang viral. Dalam unggahannya, Gandhi menuliskan narasi sebagai berikut:

"Coba ketik di google : monyet cukur rambut. Mesin pencari berita ini akan memunculkan gambar." (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10214848711239551&id=1479746067)

Sama seperti netizen lain, media ini mencoba memasukkan kata kunci "monyet cukur rambut". 

Selain keluar gambar monyet sedang dicukur rambutnya, juga keluar gambar atau foto Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang juga sedang cukur rambut.

Tak hanya Jokowi, foto meme Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga keluar ketika memasukkan kata kunci yang sama di kolom pencarian. Kini, postingan Gandhi sudah ramai dibagikan netizen. Postingan itu juga menuai komentar yang beragam.

Baca juga: Pengakuan Mon, Perempuan Indonesia yang Dijual ke China untuk Dikawinkan

Hal yang sama terjadi ketika Kompas.com mengetikkan "monyet cukur rambut" di mesin pencari Google pada Jumat (5/7/2019).

Foto Jokowi sedang dicukur rambutnya oleh pemangkas rambut dengan Iriana Jokowi di sampingnya langsung muncul di urutan pertama kumpulan gambar, sedangkan gambar Trump sedang mencukur rambut seekor monyet ada di urutan ketiga.

Mengapa bisa demikian?

Berikut penjelasan tertulis Reinardo Sinaga, Ketua Umum Hoax Crisis Centre (HCC) Kalimantan Barat, menanggapi ramainya respons warganet di wilayahnya.

Menurut pria yang akrab disapa Edo ini, tak perlu ada yang panik atau khawatir dengan kata kunci "monyet cukur rambut" di kolom pencarian Google, lalu muncul foto Jokowi pada urutan pertama dan monyet yang sedang dicukur rambutnya pada urutan berikutnya.

"Jawabannya sebenarnya mudah. Karena semua foto itu berasal dari berita yang dimuat di sejumlah media nasional yang memuat kata kunci: cukur rambut," tulis Edo, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Kisah Penjual Rujak Cingur Rp 60.000 di Surabaya yang Viral, Dapat Teror Puluhan Kali hingga Biayai Suami Cuci Darah

Jika ditelusuri lebih lanjut, foto-foto itu berasal dari berita yang memuat kejadian dicukurnya rambut Jokowi, termasuk sejumlah media nasional pun memberitakan itu.

"Sehingga kata kunci cukur rambut di sini terlacak oleh mesin Google," ujarnya.

Kemudian, search engine optimization (SEO) dari masing-masing portal berita membuat foto Jokowi di artikel tersebut mejeng di halaman pertama Google walau pengguna hanya mengetikkan kata "cukur rambut" di kolom pencarian.

"Jadi, tidak ada foto Jokowi yang muncul jika hanya pakai kata kunci monyet tanpa kata cukur rambut di dalamnya. Itu karena mesin pencari Google mengolah kata-kata yang tersebar di dunia maya dan melacaknya," ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com