Ketik "Monyet Cukur Rambut" di Google Muncul Gambar Jokowi, Jangan Gusar...

Kompas.com - 05/07/2019, 08:31 WIB
Saat mengetik monyet cukur rambut di mesin pencari Google, maka akan muncul gambar Jokowi dan Donald Trump. dok Google Saat mengetik monyet cukur rambut di mesin pencari Google, maka akan muncul gambar Jokowi dan Donald Trump.

PONTIANAK, KOMPAS.com — Akun Facebook Gandhi Waluyan mengunggah status kalimat ajakan yang viral. Dalam unggahannya, Gandhi menuliskan narasi sebagai berikut:

"Coba ketik di google : monyet cukur rambut. Mesin pencari berita ini akan memunculkan gambar." (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10214848711239551&id=1479746067)

Sama seperti netizen lain, media ini mencoba memasukkan kata kunci "monyet cukur rambut". 

Selain keluar gambar monyet sedang dicukur rambutnya, juga keluar gambar atau foto Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang juga sedang cukur rambut.


Tak hanya Jokowi, foto meme Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga keluar ketika memasukkan kata kunci yang sama di kolom pencarian. Kini, postingan Gandhi sudah ramai dibagikan netizen. Postingan itu juga menuai komentar yang beragam.

Baca juga: Pengakuan Mon, Perempuan Indonesia yang Dijual ke China untuk Dikawinkan

Hal yang sama terjadi ketika Kompas.com mengetikkan "monyet cukur rambut" di mesin pencari Google pada Jumat (5/7/2019).

Foto Jokowi sedang dicukur rambutnya oleh pemangkas rambut dengan Iriana Jokowi di sampingnya langsung muncul di urutan pertama kumpulan gambar, sedangkan gambar Trump sedang mencukur rambut seekor monyet ada di urutan ketiga.

Mengapa bisa demikian?

Berikut penjelasan tertulis Reinardo Sinaga, Ketua Umum Hoax Crisis Centre (HCC) Kalimantan Barat, menanggapi ramainya respons warganet di wilayahnya.

Menurut pria yang akrab disapa Edo ini, tak perlu ada yang panik atau khawatir dengan kata kunci "monyet cukur rambut" di kolom pencarian Google, lalu muncul foto Jokowi pada urutan pertama dan monyet yang sedang dicukur rambutnya pada urutan berikutnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X