Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Ayam Parepare Mengeluh, Tiap Hari Harga Turun Rp 1.000

Kompas.com - 04/07/2019, 16:35 WIB
Suddin Syamsuddin,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PAREPARE, KOMPAS.com -  Harga ayam ras broiler atau ayam potong di pasar tradisional anjlok di Pasar Lakessi, Parepare, Sulawesi Selatan. Harga ayam turun drastis, bahkan daging ayam potong dijual Rp13 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram.

"Stok meningkat, mungkin yang menjadikan harga ayam dan daging ayam anjlok," kata Abidin, salah seorang pedagang Pasar Lakessi, Kota Parepare, Kamis (04/07/2019).

Abidin setiap hari mengambil 600 ekor ayam potong dari sebuah perusahaan. Abidin merasa heran, karena pada tahun lalu, harga ayam potong justru naik.

"Tiga hari lalu harga ayam Rp 17.000. Tiap hari harga ayam turun Rp 1.000," kata Abidin.

Baca juga: Pedagang Pasar Pawai Pakai Baju Adat ketika Pindah Boyongan

Sementara, Abdul Wahab, pedagang ayam lainnya, mengaku mengalami kerugian dengan kondisi saat ini. Stok ayam yang bertambah dengan harga yang turun membuat pedagang resah.

"Bayangkan jika kami mengambil ayam dari distributor dengan harga Rp 16.000, tiba-tiba harganya turun Rp 1.000, kan kami merugi," kata Wahab.

Menanggapi situasi teresbut, pelaksana tugas Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Husni Syam telah memerintahkan stafnya untuk turun memantau dan mencari tahu penyebab harga ayam turun.

" Kami masih dalam penelitian di pasar. Apa yang menjadi penyebab harga ayam turun masih dicari. Namun, dari laporan harga ayam Rp 23.000, kenapa pedagang mengaku Rp 15.000," ujar Husni Syam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com