Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Terjadi Ketika Wali Kota Risma Jatuh Sakit...

Kompas.com - 04/07/2019, 11:19 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS,com — "Bu Risma senang. Saya datang langsung begini-begini," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sambil menirukan gerakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melambaikan tangan.

Demikian cerita Menteri Susi saat keluar dari ruang ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo Surabaya, Sabtu (29/6/2019), setelah menjenguk.

Bukan hanya Menteri Susi, Presiden Jokowi didampingi ibu Negara Iriana serta Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sedang berkunjung ke Surabaya datang untuk menengok perempuan yang akrab dipanggil Risma ini.

Tercatat, sejumlah menteri dan pejabat publik datang ke RSUD Dr Soetomo tempat Risma dirawat.

Mereka antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua OJK Wimboh Santoso, mantan Bupati Badung Anak Agung Gde Agung, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Pulang dari Rumah Sakit, Ini Pesan Dokter untuk Risma

 

Pekerja keras

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.Dok. Pemkot Surabaya Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.
Risma adalah perempuan wali kota pertama Surabaya yang sudah mejabat selama dua periode.

Sejak dilantik sebagai Wali Kota Surabaya pada 28 September 2010, Risma sudah mencuri banyak perhatian masyarakat, bukan hanya di Surabaya, melainkan juga di Indonesia.

Banyak keputusan kontroversial yang diambil Risma, salah satunya saat menutup Gang Dolly, kawasan lokalisasi yang disebut-sebut sebagai lokalisasi terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu, beberapa kali Risma marah-marah di depan publik, seperti saat sidak e-KTP karena dianggap bertele-tele dan menyusahkan warga yang mengurusnya.

Baca juga: Megawati: Saya Suka kalau Risma Marah-marah

Risma juga sempat marah-marah saat memantau pemulihan Jalan Raya Gubeng yang ambles pada Kamis (20/12/2018). Saat itu, dia meminta semua mobil pemadam kebakaran keluar dari lokasi, padahal Risma harus duduk di kursi roda karena cedera kaki.

Namun, yang paling diingat publik adalah ketika Risma marah besar di Taman Bungkul saat pembagian es krim gratis, Minggu (11/5/2019). Sambil berteriak, Risma langsung memarahi panitia penyelenggara setelah tahu tanaman di Taman Bungkul rusak.

"Astaghfirullah, rusak parah. Tahu enggak puluhan tahun kami bikin itu? Itu semua uang rakyat," kata Risma saat itu.

Baca juga: Sudah Boleh Pulang, Risma Masih Harus Kontrol Lagi Pekan Depan

 

Jatuh sakit

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengikuti doa bersama lintas agama di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Rabu (26/12/2018).Dok. Pemkot Surabaya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengikuti doa bersama lintas agama di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Rabu (26/12/2018).
Perempuan pekerja keras itu tiba-tiba jatuh sakit pada Selasa (25/6/2019) pagi. Ia dilarikan ke RSUD Dr M Soewandhie.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya M Fikser mengatakan, saat dibawa ke rumah sakit, Risma mengalami batuk berdahak dan kondisinya lemas.

"Dari kemarin ibu (Risma) sudah kelelahan. Kemarin ibu juga tidak mau wawancara karena beliau capek, lelah, terus sempat batuk berlendir," kata Fikser.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com