Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Ombak Pantai Kuta Bali Naik hingga Daratan dan Genangi Trotoar

Kompas.com - 03/07/2019, 13:55 WIB
Rachmawati

Editor

BADUNG, KOMPAS.com – Ombak di Pantai Kuta sempat naik hingga ke daratan dan menggenangi trotoar serta ruangan kantor di sekitaran Pantai Kuta, Badung, Bali, Rabu (3/7/2019).

Kejadian tersebut berlangsung sekitar satu jam.

"Hari ini ombak besar dan pasang. Bahkan pasangnya sampai masuk ke daratan. Berlangsung sekitar satu jam, tetapi tidak secara terus menerus. Setelah sekitar 10 menitan ombaknya naik lalu turun lagi," kata Koordinator Balawista Badung I Ketut Ipel saat ditemui di kantornya.

Baca juga: Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Bantayan Ditemukan Tewas

Ketut Ipel menjelaskan tanda-tanda ombak besar sudah dimulai Selasa (3/7/2019) sore.

"Mungkin ada pengaruhnya dengan tilem. Biasanya setelah tilem ombak besar. Ini tadi selain ombak besar juga pasang," katanya.

Meski ombak sempat naik hingga daratan, Ketut Ipel mengatakan tidak ada korban maupun kerugian yang ditimbulkan dari kejadian ini.

"Tidak ada korban. Karena masih pagi, pengunjung dan pedagang tadi belum terlalu ramai," ungkapnya.

Ia menjelaskan jika ketinggian ombak pada pukul 11.00 Wita mencapai 4 meter.

"Tapi sekarang sekitar jam 12.00 ombak sudah turut, sekitar 2,5-3 meter," katanya.

Baca juga: Terjatuh dari Ban, Pelajar Terseret Ombak di Pantai Bantayan

Sepanjang Pantai Kuta hingga Pantai Kudeta, menurut Ketut Ipel, ada sembilan pos Balawista Badung untuk memantau keadaan pantai dan wisatawan.

"Setiap pos terdapat 6-7 orang petugas yang dibagi menajdi dua shift, dua orang shift  pagi dan empat orang shift sore. Karena kalau sore pengunjung pantai lebih banyak," kata Ketut Ipel.

Balawisata Badung juga mengimbau pengunjung  maupun pedagang untuk berhati-hati dan telah memasang rambu peringatan di kantong-kantorng arus.

"Ombak datangnya tiba-tiba, jadi pengunjung terutama manula dan anak-anak serta pedagang juga kami imbau untuk berhati-hati jika melakukan aktivitas di pantai," ujar Ketut Ipel.

Selain itu, beberapa kawasan di Pantai Kuta sempat ditutup dan tidak diperbolehkan berenang.

"Tadi sempat ditutup setelah ombak masuk ke daratan, tapi cuma sebentar. Sekarang sudah dibuka lagi. Kalau yang untuk surfing nggak tutup, justru ada beberapa pemain surfing yang senang dengan ombak yang seperti ini," jelas Ketut Ipel.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Ombak Pantai Kuta Naik Hingga Daratan, Balawista Badung Pasang Rambu Peringatan Bahaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com