Lomba Merpati Tinggi Kolong Meja Berhadiah Ratusan Juta, Ini Cara Mainnya

Kompas.com - 03/07/2019, 12:21 WIB
Lomba burung merpati tinggi kolong meja Dokumentasi PMTILomba burung merpati tinggi kolong meja

BANDUNG, KOMPAS.com - Lomba burung merpati tinggi kolong meja memiliki peminat yang terbilang cukup banyak di kalangan penghobi burung merpati.

Besar dan rutinnya hadiah dalam setiap perlombaan yang rutin digelar oleh organiasi Penggemar Merpati Tinggi Indonesia (PMTI) dua kali setiap bulan membuat banyak penghobi burung merpati tidak segan-segan merogoh kocek berkisar Rp 130.000 sampai Rp 160.000 sebagai uang pendaftaran lomba.

Lalu, bagaimana teknis lomba burung merpati tinggi kolong meja?.


Seksi Lomba PMTI, Aristyo Setiawan menjelaskan, dalam sebuah lomba biasanya digelar selama tiga hari mulai Jumat hingga hari Minggu.

Baca juga: Lomba Merpati, Modal Tak Sampai Rp 200.000, Bisa Dapat Ratusan Juta

Peserta biasanya mendaftar hari rabu. Setelah mendaftar, peserta dan burungnya diperbolehkan untuk melakukan orientasi agar burung terbiasa dengan arena lomba.

“Latihannya bertahap 100 meter dulu, kemudian 200 meter, dan seterusnya. Kalau burung langsung diterbangkan dari jauh bisa kabur,” kata Aris saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/7/2019).

Memanggil merpati jantan

Lomba dimulai. Satu nama peserta biasanya diwakili dua orang. Tugas mereka berbeda, satu orang melepas burung di titik start yang lokasinya berada 1,2 kilometer dari arena lomba.

Satu orang lagi, bertugas di dalam kolongan atau arena lomba di atas tanah berbentuk persegi seluas 9x9 meter dengan tiang bambu setinggi 9 meter di setiap sudutnya.

Satu tiang bambu dengan bambu lainnya disambungkan dengan rangkaian bendera bendera kecil hingga membentuk sebuah kubus.

Joki kolongan kemudian berdiri di belakang sebuah meja dengan membawa seekor burung merpati betina.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X