Tol Yogyakarta Diusulkan Memiliki 3 "Exit Toll" di Kulon Progo

Kompas.com - 03/07/2019, 07:13 WIB
Ilustrasi jalan tol.Kementerian PUPR Ilustrasi jalan tol.

KULON PROGO, KOMPAS.com - Pembangunan jalan tol Cilacap - Yogyakarta nanti rencananya akan melewati Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY).

Pemerintah Kulon Progo mengusulkan daerahnya memiliki tiga pintu keluar masuk tol atau exit toll.

Lokasinya, yakni mendekat dengan gerbang bandar udara (bandara) Yogyakarta International Airport (YIA), di dekat jalan menuju RSUD Wates, dan di daerah jalan Sentolo Klangon di Kecamatan Sentolo.

Keinginan tersebut bukan tanpa dasar. Keberadaan exit toll sangat berarti bagi warga Kulon Progo karena daerahnya dilewati tol.


Dengan adanya exit toll maka masyarakat Kulon Progo pun diyakini menerima manfaat kehadiran tol.

Baca juga: Sri Sultan: Tol Jangan Membelah Bantul, Lewat Pinggir Rel Saja...

Tiga pintu keluar atau masuk tol ini masih usulan pemerintah kabupaten Kulon Progo.

"Ini baru rencana awal. Ini belum didiskusikan dengan pemerintah DIY. Ini kan masih berjalan," kata Kepala Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kulon Progo Gusdi Hartono, di ruang kerjanya, Selasa (2/7/2019).

Gusdi memastikan bahwa ini bertujuan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat yang dilewati tol, utamanya masyarakat Kulon Progo.

Menurutnya, ini pula yang menjadi pesan Gubernur DIY Sri Sultan HB X bahwa jalan tol tidak merugikan masyarakat dan tidak langsung menuju bandara.

Baca juga: 5 Fakta Polemik Proyek Jalan Tol di Yogyakarta, Alasan Sri Sultan Menolak hingga Jalur ke YIA Selain Lewat Tol

"Ini semua masih usulan pemerintah Kulon Progo dengan rencana trase demikian. Tujuannya adalah kemanfaatan sebesar-besarnya bagi masyarakat. Tol boleh ada tapi bermanfaat sebesarnya untuk manfaat kemakmuran warga Kulon Progo," kata Gusdi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X