Prajurit TNI yang Bertugas di Papua Diminta Waspada Malaria dan KKB

Kompas.com - 03/07/2019, 06:32 WIB
Pelepasan Prajurit TNI dari Korem 162/WB yang ditugaskan ke Papua, Selasa (2/7/2019)Dok. Humas Korem 162/WB Pelepasan Prajurit TNI dari Korem 162/WB yang ditugaskan ke Papua, Selasa (2/7/2019)

MATARAM, KOMPAS.com - Sebanyak 22 prajurit TNI dari Korem 162/Wira Bhakti, Nusa Tenggara Barat (NTB), dikirim untuk melaksanakan tugas aparat teritorial (Apter) di wilayah Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari, Papua.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani menyatakan, pemberangkatan 22 orang anggota terdiri dari dua orang Perwira berpangkat Kapten dan 20 orang Bintara.

"Mereka akan melaksanakan tugas sebagai aparat teritorial di Kodim-Kodim satuan jajaran Kodam Cendrawasih dan Kasuari selama kurang lebih satu tahun ke depan," kata Rizal melalui keterangan tertulis, Selasa (2/7/2019).


Para prajurit ini nantinya akan bergabung dengan anggota satuan jajaran TNI AD dari seluruh satuan Korem seluruh Indonesia, untuk membantu pemerintah membangun wilayah Indonesia bagian timur atau daerah Papua.

Baca juga: TNI Kerahkan Pesawat Pendeteksi Panas dan Logam Cari Helikopter yang Hilang Kontak di Papua

"Pengalaman dan kemampuan yang sudah ada selama di Kodim wilayah NTB agar dikembangkan di wilayah tempat malaksanakan tugas Apter nantinya dengan merebut dan memenangkan hati rakyat sehingga akan memiliki dampak positif baik terhadap diri sendiri maupun wilayah tempat bertugas," kata Rizal.

Malaria ganas

Menurutnya, ada dua hal yang perlu diwaspadai selama melaksanakan tugas di wilayah Papua, yakni penyakit malaria dan Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB).

"Malaria di sana cukup ganas sehingga perlu menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Yaitu makan cukup dan olahraga cukup," ujar Rizal.

Baca juga: TNI di Nduga Papua Bagi-bagi Buku dan Mengajar Warga dari Rumah ke Rumah

Selain penyakit malaria, para prajurit yang bertugas juga diminta untuk waspada kepada KKB di Papua.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh pasukan agar menjaga kesehatan dan menerapkan pengalaman teritorial yang sudah dimiliki.

Dengan demikian seluruh personel yang akan Apter ini selalu dalam keadaan sehat, aman dan selamat hingga kembali lagi ke kesatuan Korem 162/WB.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X