Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terduga Teroris yang Ditangkap di Ponorogo Dikenal sebagai Tokoh Agama

Kompas.com - 02/07/2019, 12:56 WIB
Rachmawati

Editor

PONOROGO, KOMPAS.com - BTK (42), terduga teroris yang ditangkap tim  Densus di jalan alternatif Wonogiri-Ponorogo, Desa Pohijo, Kecamatan Sampung, Ponorogo, dikenal ramah dan suka berinteraksi dengan warga lingkungan sekitar kontrakan yang dia tinggali.

"Bagus. Interaksinya bagus, di mana ada kegiatan sosial di masyarakat dia juga ada. Kerja bakti dia juga ikut kerja bakti," kata Zaenudin, Ketua RT di Perumahan Grisimay, Kecamatan Siman, Ponorogo,  Senin (1/7/2019).

Baca juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Asal Klaten di Ponorogo

Ia mengatakan BTK sudah 3 tahun tinggal di perumahan tersebut. BTK sendiri  berasal dari Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Selama kontrak di perumahan, menurut Zainudin, tidak ada sesuatu yang janggal yang dilakukan BTK, apalagi hal-hal mencurigakan berkaitan dengan gerakan radikalisme.

BTK yang tinggal bersama istri dan empat anaknya dikenal sebagai sosok yang baik, agamis, dan aktif berkomunikasi dengan warga sekitar.

"Aktivitasnya juga biasa. Pagi berangkat, sore pulang seperti warga lain. Kerja pada umumnya. Kalaupun pergi, paling dia besuk ke rumah orangtuanya sana," tutur Zainudin.

Selain itu, selama ini tidak ada pengaduan dari warga terkait aktivitas dan keberadaan BTK.

Baca juga: 6 Fakta Penangkapan Kelompok Teroris, Punya Bisnis Sawit hingga Pengalaman 19 Tahun

Salah seorang tetangga dekat BTK di Perum Grisimay, Sudoyo mengakui jika sosok terduga teroris yang ditangkap Densus 88 itu berkepribadian baik.

Hubungan dengan tetangga sekitar bagus, ibadahnya rajin, dan menjadi salah satu tokoh agama (imam) di lingkungan setempat.

Saat memimpin pengajian, menurut Sudoyo, materi yang disampaikan BTK biasa saja dan tidak ada yang mengarah pada ajakan bertindak radikal.

"Kami sungguh tidak menyangka beliau ditangkap karena dugaan terlibat jaringan terorisme. Sebab selama ini perilakunya baik, biasa saja tidak ada tanda-tanda yang aneh-aneh," ucapnya.

Penangkapan atas diri BTK terjadi pada Minggu, sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca juga: Hilangkan Stigma Negatif Mantan Teroris, Ganjar Tertawa Lepas Bersama Mereka

Aksi penggerebekan yang dilakukan oleh tim densus ini terjadi di jalan alternatif Wonogiri-Ponorogo, di Desa Pohijo, Kecamatan Sampung, Ponorogo sempat menjadi perhatian warga sekitar.

BTK yang menyetir mobil Toyota Avanza nopol B-1844-POD warna keperakan dikuntit sejak dari Solo dan Wonogiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com